Seo, Website

Halo Rekan Cerdas, setelah artikel sebelumnya kita membahas teknik dasar internet marketing kali ini kita akan membahas lebih lanjut salah satu teknik digital marketing yang sebelumnya kita hanya membahas secara konsep. Dari 2 teknik online marketing yang kita bahas sebelumnya yaitu social media marketing & website marketing di mana salah satu yang paling powerful adalah dengan teknik website marketing, maka kali ini kita akan membahas tentang teknik website marketing atau lebih spesifiknya teknik internet marketing dengan seo website, tetapi dengan cara yang lebih sederhana & awam alias tidak ribet, mudah-mudahan semua nya bisa lebih mudah mengerti ya.

Baiklah, semua mari kosongkan gelas untuk diisi..

Dari teknik website marketing itu sendiri ada 2 cara yang bisa kita lakukan, pertama adalah dengan Searh Engine Marketing kedua adalah secara organik dengan Search Engine Optimization atau SEO. Search Engine Marketing itu adalah teknik berbayar yang bisa langsung menaikkan website kita ke posisi teratas hasil pencarian tanpa menunggu lama, tetapi di sini kita akan membahas yang secara organik.

Teknik website marketing secara organik mengandalkan SEO adalah teknik terbaik yang bisa menjadi investasi jangka panjang anda untuk website meskipun anda harus memberikan investasi waktu, pikiran & tenaga yang lebih banyak. Teknik organik atau natural ini adalah dengan mengisi website anda dengan konten-konten yang solutif, bermanfaat dan berkualitas tinggi. Usahakan agar selalu memberikan solusi dan informasi yang berkualitas yang dibutuhkan calon pelanggan anda. Mengisi website anda dengan konten-konten tersebut akan meningkatkan trafik website anda, calon pelanggan anda akan menyukai website anda dan mungkin akan membagikan konten website anda ke sosial media mereka. Semakin banyak calon pelanggan anda yang mencintai konten-konten dari website anda begitu juga mesin pencari seperti Google akan mencintai website anda dan meningkatkan peringkat website anda di hasil pencarian. Mengapa begitu? Karena mesin pencari seperti Google sudah sangat cerdas dalam algoritma nya, dia bisa menilai mana konten berkualitas dan disukai banyak orang maka konten tersebut yang akan ditingkatkan peringkatnya oleh Google.

Namun secara teknis bagaimana sih membuat website yang disukai calon pelanggan dan Google? Berikut beberapa teknis nya;

  1. Pastikan Website Anda Terstruktur dengan Baik
    Website dibangun dengan sturuktur-struktur tertentu di mana optimasi untuk mesin pencari seperti google bisa dimulai saat memulai desain website. Di mana peletakan menu navigasi, header, footer dan yang utama bagian utama tubuh website yang berisikan konten-konten yang akan ditanamkan di website tersebut. Jika anda sudah memiliki website yang dibuat dengan teknik optimasi untuk mesin pencari seperti layanan dari YC Media maka anda tidak perlu lagi memikirkan hal ini, Namun jika belum anda perlu mengevaluasi kembali sturuktur desain dari website anda agar lebih baik.
  2. Lakukan Riset Kata Kunci (Keyword)
    Ini merupakan hal yang sangat penting sebelum anda membuat konten yang mendatangkan trafik yang tinggi. Meriset kata kunci perlu dilakukan untuk mengetahui apa sebenernya yang orang ingin cari atau apa sebenarnya yang banyak dicari orang. Dengan melakukan riset kata kunci ini, anda bisa menentukan konten apa yang cocok atau sebaiknya anda buat.
    Berikut cara sederhana untuk melakukan riset kata kunci;
    – Buka Browser anda dan klik google.com
    google– Ketikkan kata kunci yang berhubungan dengan konten yang ingin anda buat lalu enter atau search
    kata kunci

    – Lihat ke bagian paling bawah hasil pencarian
    hasil pencarian kata kunci
    Nah, anda lihat ada ada beberapa saran kata kunci dari hasil pencarian yang anda lakukan, artinya beberapa kata kunci tersebut adalah beberapa kata kunci yang sering digunakan orang atau calon pelanggan anda untuk mencari konten yang berkaitan dengan website anda. Anda bisa menggunakan kata kunci tersebut sebagai judul konten selanjutnya yang akan anda buat.

  3. Munculkan Kata Kunci pada konten anda
    Bukan berarti anda harus secara brutal menggunakan banyak sekali kata kunci tersebut pada konten atau artikel anda, lakukan saja secara natural namun pastikan kata kunci yang anda target pasti ada tertanam di antara kalimat di paragraf pertama. Lalu untuk paragraf selanjutnya bukan berarti anda tidak harus menggunakan kata kunci yang anda target, namun anda juga bisa menggunakan variasi kata kunci dengan sinonim dari kata kunci yang anda target, karena mesin mencari seperti google bisa mengerti sinonim-sinonim dari kata kunci yang kita gunakan. Misal kata kunci yang kita gunakan adalah “baju anak-anak” maka kita bisa menggunakan kata kunci variasi “pakaian anak”, Tenang saja, Google mengerti hal itu.
  4. Jumlah Kata/Isi dalam Konten
    10 dari website-website peringkat teratas rata-rata mengisi konten mereka dengan jumlah 8400 karakter atau 975 kata. Jadi sebaiknya anda bisa membuat konten yang lebih baik dengan memberi lebih banyak informasi dalam konten website anda, jika tidak bisa mengejar jumlah rata-rata dari website-website tersebut, isikan konten anda dengan jumlah minimal 450 kata, itu sudah cukup baik. Untuk memperbanyak informasi anda bisa menambahkan gambar-gambar, video dan lainnya.
  5. Sinyal Sosial
    Sinyal sosial bisa dilihat dari berapa banyak orang yang menyukai konten website kita sehingga banyak orang yang membagikan konten kita di sosial media. Berapa banyak orang yang like, komentar dan share di facebook, berapa banyak orang melakukan retweet di twitter, berapa banyak yang memberikan +1 di Google+ untuk konten kita. Semakin banyak orang melakukan itu semua untuk konten kita maka hal ini memberikan sinyal ke mesin pencari kalau konten kita disukai oleh banyak orang sehingga mesin pencari seperti Google akan meningkatkan peringkat konten atau website kita.
  6. Backlink
    Jangan langsung bingung, ini simpel. Backlink adalah tautan atau link dari website lain atau platform lain yang menuju website kita. Artinya ketika link tersebut diklik oleh orang maka akan menuju halaman website kita. Semakin banyak backlink dari website ternama & besar yang menuju ke website kita maka akan semakin meningkatkan peringkat website kita. Nah, sekarang bagaimana caranya untuk mendapatkan backlink tersebut? Bisa kita padukan dengan poin nomor 5, kita manfaatkan sosial media. Karena tentunya sosial media adalah website dengan peringkat yang tinggi. Maka cara simpelnya kita bisa membagikan konten-konten kita ke sosial media milik kita, itu bisa menjadi backlink untuk website kita.

Demikian beberapa cara teknis yang simpel untuk meningkatkan peringkat konten dan website yang kita miliki, secar teknis jika beberapa cara di atas sudah dilakukan dengan baik, benar dan konsisten niscaya website kita akan terus menanjak peringkatnya. Tentu nya akan mendatangkan trafik yang besar ke website kita, semakin banyak yang mengunjungi website kita, maka semakin tinggi peluang untuk menjadi konversi ke penjualan dalam bisnis kita.

Mudah-mudahan share kali ini bermanfaat dan jika anda menyukai tulisan ini, mohon untuk berinteraksi dengan memberikan like, berikan tanggapan di kolom komentar di bawah dan jangan lupa untuk share/bagikan tulisan ini di sosia media anda agar rekan kerabat yang lain bisa ikut membaca dan semuanya sukses bersama.

Salam Sukses Luar Biasa !

Kerja Cerdas Semua !

Spread the love

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *