Halo Rekan Cerdas, Ayo belajar internet marketing untuk bisnis online anda atau bisnis anda yang ingin dionlinekan!

Pernahkah anda merasakan akhir-akhir ini banyak perusahaan besar nasional yang mulai bertumbangan? Contohnya saja yang paling heboh di berita akhir-akhir ini adalah Matahari Dept. Store yang menutup beberapa gerainya, padahal selama ini mereka bisa dibilang merajai pasar ritel untuk penjualan produk fashion atau pakaian.

Lalu setelah mendengar berita-berita itu, apa yang ada di benakmu?

Tepat sekali !

Perubahan era, saat ini kita sedang berevolusi besar-besaran dan sangat cepat ke era dunia digital atau dunia internet. Nah, apa yang membuat mereka atau mungkin bisnis anda sendiri atau mungkin anda sebagai seorang sales / marketing semakin ke sini penjualan terkesan konstan bahkan menurun?

Marketing! Marketing atau pemasaran ialah ujung tombak dari sebuah bisnis, karena inti dari semua nya adalah jualan. Saat era sudah melaju ke arah dunia digital ataupun dunia internet sementara bisnis anda masih tetap ketinggalan melakukan proses strategi pemasaran konvensional di sini lah anda harus segera menyadari bahwa anda akan segera tenggelam.

Maka anda beruntung, jika anda sedang membaca tulisan ini berarti anda sudah lebih sigap dan menyadari jika anda harus segera beralih ke dunia digital / internet marketing ataupun strategi pemasaran yang mengandalkan teknik digital dan internet marketing dalam proses operasional bisnis anda.

Internet marketing secara harafiah diartikan sebagai usaha untuk proses penjualan suatu produk atau jasa menggunakan media elektronik atau internet. Internet marketing sering juga disebut sebagai digital marketing, e-marketing ataupun online marketing.

Jika anda sudah menguasai secara dasar bagaimana strategi manajemen pemasaran yang baik seperti di artikel yang sebelumnya yang bisa anda baca di sini: Dasar-dasar Manajemen Pemasaran

Maka seharusnya anda hanya tinggal belajar mengalihkan strategi pemasaran itu ke teknik internet marketing.

 

Sekarang, kita akan masuk ke teknik dasar belajar internet marketing itu sendiri. Belajar internet marketing untuk bisnis online ini cocok untuk anda baik sebagai business owner ataupun anda sebagai seorang sales marketing.

Di sini, secara pengalaman kami digital / internet marketing kami bagi menjadi dua bagian yaitu:

  1. Social Media Marketing
  2. Website Marketing

Dalam teknik dasar belajar internet marketing untuk bisnis online kali ini, kita akan membahas secara dasar dulu saja, karena secara mendalam dari 2 bagian teknik marketing di atas akan kita bahas secara lebih detail dan mendalam di artikel selanjutnya, jadi jangan lupa untuk tetap stay up to date dengan artikel-artikel terbaru kita ya, atau anda bisa like fanpage kami untuk terus mendapat update dari kami di Facebook yaitu: Good Life World.

 

1. Social Media Marketing

Social media marketing adalah teknik digital / internet marketing dengan mengandalkan social media sebagai tool utama kita dalam proses internet marketing. Berdasarkan pengalaman kami sendiri, saat ini sosial media yang sangat powerful untuk digunakan dalam internet marketing adalah:
– Facebook
– Instagram
– Whatsapp

 

Bagaimana teknik dasarnya?

Facebook & Instagram bisa anda gunakan sebagai media untuk terus berinteraksi dengan calon pelanggan anda. Teknik yang baik adalah dengan menjadikan Facebook & Instagram sebagai kolam calon pelanggan anda yang sangat potensial. Perlu diingat, sosial media adalah tempat di mana orang untuk membuang stress dan menghilangkan kebosanan. Jadi jangan lakukan cara-cara hard selling atau langsung fokus jualan, tekniknya adalah dengan membagikan postingan-postingan yang menarik dan bermanfaat buat calon pelanggan anda, bangun kesadaran mereka terhadap bisnis anda, tingkatkan kepercayaan mereka terhadap bisnis anda, ini bisa dilakukan dengan cara membagikan aktivitas sehari-hari dalam bisnis anda. Semakin sering calon pelanggan anda berinteraksi dengan bisnis anda di sosial media, ini meningkatkan edgerank dari akun sosial media anda sehingga akun sosial media bisnis anda akan lebih sering dan diprioritaskan muncul di feed atau timeline calon pelanggan anda yang mengikuti akun sosial media bisnis anda. Setelah anda berhasil membangun kesadaran dan kepercayaan calon pelanggan anda terhadap bisnis anda, maka akan sangat mudah mengkonversikan nya ke penjualan. Anda mulai menyelipkan promosi untuk produk  / jasa anda di sela-sela postingan anda dan bisa memanfaatkan Whatsapp sebagai media konversi penjualan anda. Silahkan arahkan calon pelanggan anda ke Whatsapp, ketika mereka menghubungi anda melalui whatsapp, berarti anda sudah mendapatkan kontak mereka. Nah, brilian nya adalah anda sudah bisa langsung membangun list database kontak pelanggan anda secara langsung karena anda telah memiliki kontak mereka. Ini adalah kolam calon pelanggan anda yang lebih potensial lagi yang bisa anda berikan penawaran menarik kapan saja anda mau. Cemerlang!

 

2. Website Marketing

Teknik yang kedua adalah dengan mengandalkan website. Website merupakan salah satu media yang bisa dibilang paling powerful untuk bisnis online atau bisnis yang dionlinekan. Website merupakan inti dari pembahasan internet marketing kita kali ini, karena website bisa sangat lebih efektif & efisien. Karena dengan website anda bisa memasukkan apa saja yang perlu anda masukkan mengenai informasi yang ingin anda sampaikan dari bisnis anda.
Maka sangat baik jika bisnis anda atau anda sebagai marketing sudah memiliki website sebagai media promosi anda. Untuk terus mengikuti teknik internet marketing dari kami, sebaiknya segeralah bangun sebuah website untuk bisnis anda.
Namun jangan khawatir! Jika bisnis anda atau anda sebagai marketing belum memiliki sebuah website, anda bisa memanfaatkan promo ini: Jasa Pembuatan Website Murah + Bonus Langsung Iklan di Google Seminggu.

 

Bagaimana teknik dasarnya?

Hampir sama dengan teknik sosial media marketing, anda perlu terus dan konsisten membagikan konten-konten bermutu dan bermanfaat yang berhubungan dengan bisnis anda kepada calon pelanggan anda. Beruntungnya, dengan teknik website jika anda sudah melakukan nya dengan benar, pengunjung akan datang sendiri ke website anda jika mereka membutuhkan produk / jasa anda, ini yang membuat website lebih menarik dan powerful dibanding sosial media. Dalam teknik website, ada 2 teknik dalam mendatangkan traffic ato pengunjung ke website anda yaitu SEO (Serch Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing). Dalam teknik SEO adalah dengan membagikan konten-konten bermutu yang mungkin diperlukan calon pelanggan anda, dengan mengandalkan search engine atau mesin pencari, calon pelanggan anda akan datang sendiri ke website anda ketika anda menyuguhkan konten yang mereka butuhkan. Di mana konten yang anda berikan akan muncul di hasil pencarian search engine ketika calon pelanggan anda menggunakan kata kunci tertentu yang berhubungan dengan konten di website anda. Pastikan anda mengerti cara mengasilkan konten yang SEO Friendly (akan kami bahas di artikel-artikel selanjutnya). Teknik yang selanjutnya adalah Search Engine Marketing, karena ketika kita sudah mempunyai website mesin pencari seperti Google membutuhkan waktu untuk mengindex segala konten-konten yang ada dalam website kita, maka kita bisa mengandalkan teknik SEM yaitu dengan membayar biaya iklan ke mesin pencari contohnya Google untuk memunculkan konten anda ke hasil pencarian teratas. Selagi anda berjuang dengan teknik organik SEO, anda bisa mengandalkan teknik berbayar SEM terlebih dahulu.

 

Nah, demikian rekan cerdas teknik dasar belajar internet marketing untuk bisnis online anda atau bisnis anda yang ingin segera dionlinekan.

Untuk rekan-rekan yang ingin sharing langsung dengan kita tentang internet marketing untuk bisnis anda langsung via whatsapp, anda bisa klik di sini: Belajar Internet Marketing untuk Bisnis Online Gratis

Bagaimana rekan cerdas? Apakah tulisan ini bermanfaat buat anda? Jika ya, kami mohon untuk berinteraksi dengan like dan berikan komentar di bawah ya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini juga ke sosial media anda agar semakin maju bersama bisnis anda dan rekan-rekan anda.

Salam Sukses Luar Biasa!

Kerja Cerdas Semua!

Spread the love

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *