Dasar dasar Manajemen Pemasaran

Halo sobat cerdas,

Salam sejahtera kepada anda semua, kali ini kita akan membahas konsep-konsep dasar dalam bidang pemasaran atau yang bahasa lain nya marketing.

Pengertian pemasaran sendiri ialah suatu kompleks sistem dalam semua bisnis atau usaha yang bertujuan untuk merencanakan baik dalam penentuan harga, promosi dan distribusi dari suatu produk atau jasa agar sampai kepada pembeli potensial dari produk / jasa tersebut.

Sebuah pemasaran memiliki tujuan untuk menghasilkan laba dengan cara melayani konsumen dengan menyediakan produk / jasa yang mereka butuhkan.

Pemasaran merupakan faktor penting dalam sebuah bisnis perusahaaan untuk mencapai kesuksesan nya. Sebuah konsep pemasaran harus dibuat dengan memperhatikan 3 faktor berikut:

  1. Perencanaan harus berorientasi pada konsumen/pelanggan.
  2. Keuntungan perusahaan harus menjadi tujuan dari suatu volume penjualan
  3. Seluruh kegitatan pemasaran harus saling terintegrasi dengan semua bidang kegiatan di perusahaan.

Berikut beberapa lingkungan yang saling mempengaruhi dalam pemasaran:

  1. Produk / Jasa yang dijual
  2. Organisasi Bisnis
  3. Pasar atau segmentasi
  4. Rantai suplai
  5. Demografi

 

Baca Juga : 6 Ciri-ciri Keuangan yang Sehat

Konsep Dasar Marketing
Konsep Dasar Marketing

5 Konsep Dasar dalam Manajemen Pemasaran :

  1. Penentuan Produk
    Dalam penentuan produk untuk perencanaan pemasaran, kita harus mengerti produk apakah, bagaimanakah yang harus kita hasilkan. Berdasarkan segmentasi pasar yang kita punya kita harus bisa menentukan apakah, bagaimanakah produk yang akan kita hasilkan, bagaimana bentuknya, bagaimana kemasan nya, desain kemasan nya serta melakukan split testing atau pengujian terpisah untuk menentukan produk seperti apa yang sebenarnya diinginkan pasar.
  2. Penentuan Harga
    Manajemen pemasaran dalam penentuan harga mewajibkan kita untuk bisa menentukan harga baik secara perhitungan matang untuk produksi barang dan penyesuaian harga nya dengan pesaing bagaimana produk kita dengan kualitas yang lebih baik mampu memiliki harga yang kompetitif. Selain itu manajemen penentuan harga juga perlu memperhatikan 3 lingkungan rantai suplai yaitu produsen, agen atau reseller hingga ke konsumen.
  3. Penentuan Pasar dan Segmentasi
    Sebuah bisnis atau perusahaan harus memiliki sebuah segmen pasar yang sesuai dengan produk / jasa mereka. Karena pasar itu sendiri memiliki cakupan yang luas, maka dengan mempelajari demografi baik secara tingkat ekonomi, umur, gender dan lainnya sebuah bisnis harusnya mampu menentukan segmen pasar yang mana yang cocok untuk ditarget.
  4. Manajemen Distribusi
    Dalam proses perencanaan dan manajemen distribusi tentu sangat perlu diperhartikan bagaimana kepuasan 3 lingkungan distribusi itu sendiri yaitu produsen, agen/reseller hingga ke konsumen. Sebuah bisnis harus mampu menentukan cara yang tepat paling efektif dan efisien yang harus dilakukan dalam sebuah rantai distribusi produk / jasa nya.
  5. Manajemen Promosi
    Dalam proses promosi harus dilakukan secara tepat, karena di saat ini lah sebuah bisnis membangun sebuah opini atau posisi persepsi pasar terhadap produk / jasa yang dijual. Proses ini meliputi publikasi, pendekatan ke pasar, menjaga relasi, kerjasama media pendung serta penjualan langsung. Proses ini merupakan ujung tombak dari proses manajemen pemasaran yang mampu menentukan strategi serta perencanaan yang telah dibuat sudah tepat atau tidak.

 

Untuk sukses dalam manajemen pemasaran, kita juga perlu mengetahui beberapa tingkatan kebutuhan menurut Abraham Maslow seperti berikut:

  1. Fisiologis (Sandang, Pangan & Papan)
  2. Sosial
  3. Rasa Aman
  4. Pengakuan / Penghargaan
  5. Aktualisasi Jati Diri

Dengan mengetahui beberapa tingkatan kebutuhan di atas sebaiknya kita bisa lebih cermat dalam perencanaan atau manajemen pemasaran yang akan kita lakukan.

 

Demikian sobat cerdas, dasar-dasar dari manajemen pemasaran. Semoga ilmu dasar dari pemasaran ini dapat membantu anda dalam proses bisnis anda selanjutnya.

Semoga kalian suka, jangan lupa untuk memberi komentar atau pendapat anda di kolom komentar di bawah dan jika kalian menyukai artikel ini mohon untuk membagikan nya dengan klik tombol share ke social media di bawah.

Salam sukses luar biasa!

Salam Keren !!!

Spread the love

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *