gagal

Siapa yang tak mau punya hidup mapan? Segala kebutuhan tercukupi, bukan hanya untuk diri sendiri namun juga untuk orang-orang yang kita cintai.

Anda kini sudah berpenghasilan? Rutin mendapatkan bonus? Namun masih tetap sulit mengatur keuangan dan masih jauh dari kata mapan? Bisa jadi inilah alasannya.

1. Malas mencatat pengeluaran

Pengeluaran tentu ada setiap bulannya. Pentingnya mencatat pengeluaran adalah untuk mengevaluasi diri bagaimana cara kita mengatur keuangan, dengan demikian kita mengetahui apa yang benar-benar kita butuhkan dan apa yang kita inginkan.

2. Tidak cukup menabung

Menabung adalah bentuk persiapan kita untuk menghadapi kehidupan di masa depan. Dana atau uang yang kita tabung bisa kita pergunakan di masa depan sehingga tak ada lagi kata kurang persiapan saat menjalaninya nanti.

3. Tidak punya rencana keuangan

Kenapa keuangan perlu direncanakan? Tentu saja perlu, karena realisasi pengeluaran dimulai dari sebuah rencana. Merencanakan keuangan dapat membantu Anda meminimalisir pengeluaran serta membantu Anda memilah mana yang perlu dan mana yang tidak.

4. Tidak punya dana darurat

Berbeda dengan menabung, dana darurat Anda butuhkan di masa sekarang bukan di masa mendatang. Sebaiknya buatlah dana darurat sebagai cadangan jika ada hal yang tak diinginkan. Jika memungkinkan, pisahkanlah rekening dana darurat dari rekening tabungan Anda.

5. Anda lebih suka mengeluh daripada berusaha

Kesulitan apalagi soal keuangan memang kerap kali membuat kita mengeluh. Padahal jika kita mau berusaha semuanya dapat teratasi dengan baik. Teruslah berusaha dan jangan terpaku pada suatu masalah kemudian mengeluh, karena mengeluh membuat semuanya terasa lebih sulit.

6. Anda belum memahami kerasnya hidup

Mungkin sekarang Anda hidup berkecukupan, namun siapa tahu besok atau lusa kehidupan Anda berbalik dan Anda belum mempersiapkan itu semua. Syukuri apa yang Anda miliki saat ini dan rencanakanlah dengan matang apa yang harus Anda lakukan di masa depan. Kebanyakan orang hanya memikirkan hidup untuk hari ini, padahal kehidupan terus berjalan dengan masalah yang terus berdatangan.

Seorang yang mapan dalam keuangan memang tergantung dari bagaimana cara mereka mengatur pola hidup dan mengatur pola keuangan mereka. Jika Anda ingin menjadi salah satu dari orang-orang mapan, hiduplah dengan teratur mulai dari sekarang.

Spread the love

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.