Keunikan baduyKeunikan suku baduy merupakan ciri khas yang sudah sejak lama dipertahankan oleh masyarakat baduy. Adat istiadat yang berlaku di baduy harus diikuti oleh seluruh masyarakatnya. Baduy juga menjadi kawasan wisata kebudayaan yang sangat populer, karena daya tarik wisatanya sangat tinggi.

Suku baduy terdiri dari baduy dalam dan baduy luar. Perbedaan yang mencolok mengenai keduanya terlihat dari pakaian yang dikenakan. Suku Baduy dalam biasanya memakai pakaian warna putih dan baduy luar memakai pakaian warna hitam.

Kampung baduy dalam memiliki aturan yang sangat ketat, sehingga para pengunjung tidak boleh melakukan dokumentasi sembarangan. Sedangkan di baduy luar lebih fleksibel, sehingga pengunjung bisa lebih bebas merekem. Baduy menjadi tempat wisata yang rekomended untuk dikunjunggi, karena memiliki beberapa keunikkan.

Keunikan Suku Baduy yang Wajib Diketahui

1. Keunikan suku baduy dalam dengan cara hidup bahagia yang sederhana

Keunikan Suku Baduy

Suku baduy dalam memang sangat anti terhadap penggunaan aliran listrik, sehingga wilayahnya akan sangat gelap saat malam hari. Dengan adanya keterbatasan pencahayaan di malam hari, tentu tidak ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan.

Untuk menemani gelapnya malam, orang baduy dalam biasanya bermain kecapi dan bernyanyi bersama para tetangganya. Ngobrol dan bertukar cerita menjadi hal yang menyenangkan buat masyarakat baduy dalam. Kegiatan tersebut sudah membuat masyarakat baduy merasa bahagia.

2. Hidup hemat dan sehat menjadi keunikan suku badui

Keunikan Suku Baduy

Secara umum, semua masyarakat baduy memang masih sangat memegang teguh mengenai ilmu dari leluhur. Orang baduy dilarang untuk menggunakan kendaraan untuk bepergian, baik menggunakan motor atau mobil dan hanya diharuskan dengan berjalan kaki.

Meskipun tidak mengunakan bantuan teknologi, hal ini tidak membuat masyarakat baduy merasa terasingkan. Untuk berkunjung dengan para kerabat di kota besar, maka orang baduy akan berjalan kaki tanpa alas kaki. Hal ini membuat masyarakat baduy terkenal hemat dan sehat.

3. Keunikan rumah adat baduy yang bentuknya tak cerminkan status sosial

Keunikan Suku Baduy

Orang yang memiliki rumah mewah biasanya akan dianggap sebagai orang kaya dan akan memiliki status sosial yang tinggi di masyarakat. Namun konsep status sosial tidak terlihat di kehidupan masyarakat baduy, karena bentuk rumahnya hampir sama semua.

Hal yang membedakan status kekayaan orang baduy adalah soal tembikar yang terbuat dari kuningan yang biasanya disimpan di dalam rumah. Jika jumlah tembikar yang disimpan dalam jumlah besar, maka status keluarganya akan semakin tinggi.

4. Perjodohan menjadi tradisi kental yang menjadi keunikan desa baduy dalam

Keunikan Suku Baduy

Perjodohan merupakan kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia di jaman dulu dan sudah tak dianggap lazim dilakukan di jaman sekarang. Namun, tradisi perjodohan masih sangat berlaku untuk masyarakat baduy dalam.

Dengan adanya konsep perjodohan yang diberlakukan, maka keturunan baduy masih sangat terjaga kualitasnya. Tidak ada masyarakat luar yang bisa masuk, sehingga adat istiadatnya masih terjaga sampai sekarang.

Baca JugaDesa Kecil di Indonesia Ini Jadi Desa Terbersih di Dunia

5. Gotong royong menjadi keunikan desa baduy yang patut ditiru

Keunikan Suku Baduy

Berdasarkan perkembangan jaman yang semakin melesat ke era teknologi, tentu ada banyak kegiatan positif yang mulai tersingkirnya. Budaya gotong royong semakin kecil terjadi di masyarakat, karena kepentingan pribadi menjadi penghalang terciptanya gotong royong.

Suku baduy sangatlah menjunjung tinggi budaya gotong royong dan kerukunan antar masyarakatnya terjaga dengan baik. budaya gotong royong bisa terlihat saat pembuatan rumah atau pembuatan tempat penyimpanan padi.

Itulah bahasan lengkap mengenai keunikan suku baduy yang wajib diketahui dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat untuk para pembacanya.

Spread the love

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.