Desa Penglipuran

Apa yang Anda pikirkan tentang Bali? Pantainya yang terhampar luas nan indah ditambah keramahan para penduduknya, memang sangat menggambarkan Bali. Tapi, tahukah Anda ada satu desa di Bali yang dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia?

Penglipuran. Sebuah desa kecil di Bali yang jauh dari polusi udara dan sampah. Desa kecil ini dihiasi dengan kurang lebih 20 banguanan rumah penduduk dengan bentuk dan gaya yang sama. Rumah-rumah ini dibangun dengan gaya yang sama dengan tujuan untuk melestarikan kebudayaan mereka.

(foto : baliguestinformation)

Sampah atau polusi tak akan ditemukan di desa ini. Di pinggir jalan kita akan dimanjakan dengan bunga warna-warni yang tertata rapi. Tak ada sampah berserakan di depan rumah maupun pinggir jalan, meski desa ini ramai didatangi wisatawan.

Desa ini melarang pengguna kendaraan motor untuk melintas, oleh karena itu wisatawan yang ingin berkunjung tidak diperkenankan menggunakan kendaraan bermotor melainkan harus berjalan kaki. Tapi dijamin, berjalan kaki mengelilingi desa ini tak akan membuat Anda bosan ataupun kelelahan.

(foto : baliislandsurf)

Masyarakat di desa Penglipuran masih sangat mempertahankan kehidupan tradisional. Meski begitu, mereka sangatlah ramah pada wisatawan. Selain desa Penglipuran, ada juga desa terbersih lainnya yakni desa Mawlynnong di India dan desa Giethoorn di Belanda.

Tertarik untuk berkunjung? Atau tertarik untuk menciptakan desa-desa terbersih lainnya?

Spread the love

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *