Memiliki rambut indah, kuat dan sehat tentu saja menjadi keinginan setiap orang. Karena rambut merupakan mahkota kepala yang apabila terlihat subur dan sehat bisa meningkatkan rasa percaya diri pada seseorang.
Saya yakin semua orang pasti pernah mengalami kerontokan rambut. Meskipun sepele, tetapi rambut rontok dapat mengakibatkan rasa percaya diri menurun, apalagi jika itu menyerang pada wanita. Biasanya seseorang akan mengalami kerontokan sekitar 100 helai rambut per harinya. Banyak sekali faktor penyebab rambut rontok, mulai dari perubahan hormon, kurangnya asupan nutrisi protein, trauma emosional, stres, dan kondisi medis lainnya. Sangat diperlukan pemeriksaan dokter untuk tau penyebab rambut rontok lebih pastinya.
Berikut beberapa bahan alami bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok ini tanpa efek samping.

1.             Putih Telur
         Penggunaan putih telurpada rambut juga bisa membantu dalam memelihara tekstur dan kelembutan rambut yang Anda miliki. Anda bisa memisahkan antara putih telur dengan kuning telur. Setelah itu Anda bisa mengaduk-aduk putih telur hingga menjadi bentuk pasta. Lalu gunakan pada rambut Anda secara merata sehingga bisa memperlambat dan juga mengobati kerontokan pada rambut Anda.

2.             Kemiri
         Kemiri memiliki kandungan yang dapat menyehatkan rambut. Cara mengatasi rambut rontok parah dengan cepat akan Anda dapatkan dari bahan ini. Sehingga bisa dijadikan salah satu pilihan untuk perawatan rambut rontok. Hal ini dapat Anda dapatkan dengan menyangrai kemiri yang telah ditumbuk kasar. Setelah itu tumbuk kemiri sampai mengeluarkan minyak. Kemudian oleskan minyak kemiri tersebut pada rambut. Tunggu hingga beberapa menit lalu bilas dengan keramas menggunakan shampo untuk mendapatkan rambut yang bersih

3.             Tomat, Minyak Zaitun dan Lidah Buaya
 
         Beberapa bahan alami juga bisa dicampurkan dan digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Pertama satu tomat bisa Anda hancurkan dan tambahkan satu sendok minyak zaitun. Lalu, panaskan campuran ini hingga menjadi terasa lebih hangat dan Anda bisa menggunakannya pada kulit kepala dengan cara dioleskan. Kemudian, diamkan selama kurang lebih setengah jam. Selain itu Anda juga bisa menambahkan bahan alami lainnya seperti daging lidah buayapada campuran ini , tentu saja jika Anda menginginkannya.

4.             Bawang Merah
         Kandungan belerang yang tinggi pada bawang merah membuat jus bawang merah bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah pada bagian kulit kepala. Selain itu, bawang merah memiliki sifat anti-bakteri yang mampu menumpas kuman dan juga berbagai parasit lainnya selain itu bisa menyembuhkan kulit kepala yang bisa menyebabkan terjadinya kerontokan. Anda bisa menggunakan beberapa bawang merah yang diparut kemudian Anda saring. Setelah jadi, Anda bisa menggunakan jus ini pada kulit kepala kemudian biarkan hingga meresap pada rambut Anda sekitar sepuluh menit. Lalu setelah itu Anda bersihkan kepala dan rambut Anda dengan menggunakan air hangat.

5.             Santan
         Santan juga bisa membantu dalam mengatasi rambut rontok. Selain itu santan juga bisa dengan mudah Anda buat sendiri dirumah. Caranya dengan menambahkan parutan kelapa dan air kemudian tempatkan pada panci. Setelah itu Anda bisa mendidihkannya selama lima menit lalu saring. Diamkan hingga suhunya menjadi normal, setelah itu santan tersebut bisa digunakan pada kulit kepala Anda lalu diamkan sekitar kurang lebih dua puluh menit. Dan jangan lupa untuk membersihkan rambut Anda dengan air.

6.             Jahe

 

          Selain digunakan sebagai bumbu masakan, jahe juga memiliki manfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut sehingga kerontokan pada rambut kepala bisa diatasi. Anda bisa membuat minyak untuk perawatan rambut dengan menggunakan jahe, caranya dengan memarut jahe dan tambahkan dengan minyak wijen lalu dicampur hingga merata. Setelah itu Anda bisa menggunakan minyak wijen ini pada kulit kepala Anda kemudian diamkan selama kurang lebih sepuuh menit dan setelah itu bersihkan hingga bersih.

7.             Lidah Buaya dan Madu
 
         Vitamin dan juga mineral yang berguna bagi rambut, bisa Anda temukan pada lidah buaya dan madu. Kedua bahan alami ini bisa menyuburkan dan menghentikan rambut rontok. Cara pembuatannya pun sangat mudah yakni dengan memotong lidah buaya dan pisahkan kulit dan buang getah yg menempel pada kulit lidah buaya karrena gatal dan gunakan gel nya saja, lalu gel tersebut bisa dicampurkan dengan sedikit madu kemudian bahan tersebut bisa dioleskan pada rambut Anda. Diamkan hingga duapuluh menit dan jangan lupa untuk membersihkan rambut Anda dengan menggunakan shampo.
Diatas merupakan cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami dan tradisional. Dengan adanya beberapa tips dan cara diatas rambut Anda diharapkan bisa dirawat lebih baik lagi sehingga kesehatan dan kekuatanya tetap terjaga. Jika salah satu cara alami diatas cocok bagi kulit kepala dan rambut Anda, perlu beberapa kali penggunaan agar mendapatkan hasil yang maksimal hingga kerontokan dapat diatasi dan rambut Anda menjadi lebih sehat.
Selain cara-cara diatas Anda juga harus mulai meninggalkan kebiasaan menyisir rambut ketika rambut Anda basah. Selain itu tidur dalam keadaan rambut yang basah juga bisa membuat rambut menjadi semakin rontok. Dalam keadaan rambut yang basah, resiko rambut patah semakin tinggi. Selain itu Anda bisa memilih sisir yang mempunyai gigi jarang agar kerontokan dan resiko rambut patah bisa lebih diminimalisir.

Spread the love

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *