Belajar di kelas adalah aktifitas yang menjadi menu harian untuk para guru dan murid-murid di sekolah. Sebagai guru, yang merupakan fasilitator utama, guru sangat berperan untuk membuat menu harian ini dalam sajian yang segar, menarik, tidak membosankan dan tentunya bergizi.

 

Suasana kelas yang nyaman akan membuat siswa betah dalam proses pembelajaran. Suasana yang menyenangkan bisa di mulai dari hal terkecil misalnya ruang kelas harus bersih, sebab jika ruang kelas kotor dan banyak debu membuat siswa malas untuk mengikuti pelajaran. Suasana belajar yang menyenangkan juga akan mempengaruhi nilai para siswa. Karena mereka akan bersemangat untuk memperhatikan guru. Menciptakan suasana yang menyenangkan, tidak mudah banyak yang harus dipikirkan dan dipersiapkan demi terwujudnya suasana yang menyenangkan bagi semua.

 

Selain ruang kelas yang nyaman, sebagai seorang guru harus bisa kreatif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Hal terpenting dalam proses pembelajaran yaitu memiliki suasana belajar yang menyenangkan. Dalam menciptakan suasana yang nyaman harus dilakukan kerjasama baik dari guru maupun siswa agar mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Guru sebagai panutan siswa, jadi kalau mengajar jangan menjadi beban untuk siswa dan jangan membuat siswa takut sehingga akan menjadikan siswa tertekan. Tetapi kebanyakan guru saat menerangkan materi, siswa asyik berbicara dengan temannya bahkan ada yang main sendiri. Hal tersebut dapat mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar dan dapat merugikan baik dari segi guru maupun siswa-nya.

 

Tidak semua guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan apalagi bagi guru pemula. Menjadi seorang guru harus selalu terus belajar. Baik guru yang sudah lama maupun yang masih baru sangat penting belajar apalagi belajar untuk membuat suasana belajar yang menyenangkan. Siswa akan memiliki motivasi yang lebih tinggi, jika guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan terlebih lagi jika proses tersebut disukai siswa. Berikut ini tips untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

 

  1. Persiapkan materi yang akan diajarkan

Sebelum mulai mengajar, persiapkan diri dan pikir terlebih dahulu model pembelajaran apa yang akan digunakan. Kuasai materi yang akan diberikan. Model pembelajaran akan membuat siswa lebih aktif mengikuti pelajaran dan guru tidak akan bingung dalam proses pembelajaran karena semua sudah dipersiapkan.

 

  1. Berpenampilan yang rapih dan sopan

Ketika mengajar guru menjadi pusat perhatian seluruh siswa. Penampilan yang baik dan sopan juga akan membuat siswa semangat untuk belajar. Dengan berpenampilan dengan baik siswa-siswa akan senang memperhatikan kita dan hal tersebut juga akan menjadi motivasi bagi murid-muridnya untuk berpenampilan yang sama.

 

  1. Basa-basi yang positif dengan siswa.

Sebelum menyampaikan materi, alangkah baiknya jika seorang guru melakukan basa-basi dengan siswa terlebih dahulu, tetapi harus yang positif. Misalkan dengan memberikan motivasi terlebih dahulu sehingga siswa mulai bersemangat sebelum mulai proses pembelajaran. Hal tersebut juga dilakukan agar siswa tidak merasa tegang dan takut saat menerima pelajaran. Maanfaatkan juga teknologi agar bervariasi dengan demikian siswa juga tidak mudah bosan.

 

  1. Buatlah siswa tersenyum.

Membuat siswa bisa tersenyum merupakan salah satu yang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Seorang guru bisa membuat humor di depan kelas agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh. Saat memberikan materi, seorang guru bisa menyelipkan hal-hal lucu agar siswa bisa tersenyum. Tetapi jangan terlalu sering humor di depan siswa, hal tersebut akan menganggu proses pembelajaran.

 

  1. Menjadi guru yang tidak kaku.

Janganlah menjadi guru yang kaku, sebab akan menjadikan mental siswa tertekan sehingga proses pembelajaran tidak dapat berjalan lancar. Jadilah guru yang lembut dan sayang pada siswanya, tetapi sesekali boleh bersikap tegas dengan tujuan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Guru juga harus bisa membuat siswa aktif dengan mengadakan sesi tanya jawab bersama, melakukan presentasi sehingga suasana pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa akan aktif sekaligus belajar berbicara dengan penuh percaya diri. Hal tersebut juga bisa membantu siswa akan mudah untuk memahami materi yang diberikan.

 

  1. Berikan perhatian ke semua anak

Seorang guru harus percaya bahwa setiap anak punya talenta dan potensi yang berbeda-beda. Yang sering terjadi di kelas adalah guru akan cenderung lebih memperhatikan murid yang pintar dan aktif. Kita coba tarik kembali ke masa kita sekolah dulu. Jika memang kita sebagai anak aktif, kita akan merasa kita sangat diperhatikan oleh guru. Maka akan sendiri timbul semangat dalam diri kita untuk belajar dan murid-murid akan menyukai guru tersebut. So, lakukan hal tersebut kepada semua siswa. Perhatianlah kepada semua siswa dikelas yang kita ajarkan. Apabila siswa yang diajarkan terlalu banyak dan sulit untuk mengingat nama mereka, guru bisa sering mengajak mereka untuk sering berkomunikasi. Sehingga ia akan merasa diperhatikan juga.

Spread the love

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.