Sebelum tidur malam, banyak aktivitas sehat yang bisa dilakukan setiap orang dimana aktivitas sehat tersebut bertujuan bukan saja membuat perasaan semakin tenang tetapi juga membuat kualitas tidur semakin meningkat.
Disamping meminum susu sebelum tidur, membaca sebuah buku juga bisa dilakukan sebelum tidur. Meskipun sudah jarang dilakukan, tetapi membaca buku termasuk hal positif yang harus dikembangkan khususnya bagi mereka yang memiliki masalah dalam beristirahat.
Banyak efek positif yang dihasilkan dengan melakukan baca buku sebelum kita tertidur. Selain meningkatkan pengetahuan Anda terhadap segala hal, membaca juga memberikan manfaat yang luar biasa secara mental dan emosional.
Saat membaca, otak dituntut untuk berpikir lebih sehingga dapat membuat orang semakin cerdas. Namun untuk latihan otak ini, membaca buku harus dilakukan secara rutin dan bisa dilakukan sebelum tidur. Beberapa manfaat membaca buku sebelum tidur bagi diri kita.
1.    Tidur lebih nyenyak
Membaca buku dapat membuat kesadaranmu berada di dimensi lain, yang dimana dapat membuatmu cepat tertidur. Perhatikanlah bagaimana anak kecil sangat menyukai dongeng sebelum tidur sebelum mereka benar-benar tidur. Melupakan sejenak realita kehidupan dapat membantu kita menjadi tidak tegang dan rileks sehingga tidurmu akan menjadi nyaman.
2.    Mengurangi stres
Keindahan bahasa dalam tulisan yang ada dalam buku atau novel dapat memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi stres, terutama membaca buku fiksi sebelum tidur. Cara ini dianggap bagus untuk mengatasi stres dan membuat Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.
Untuk Anda yang mungkin sudah berumur diatas 30 tahun sebaiknya melakukan ritual Membaca Buku sebelum tidur pun memiliki pengaruh baik yang berhubungan dengan penyakit mematikan Alzheimer. Ketika membaca, otak akan dirangsang dan stimulasi (rangsangan) secara teratur serta dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer yang dapat merusak sel saraf pada otak.
3.    Dapat berkonsentrasi lebih baik
Konsentrasi menjadi musuh utama ketika kita sedang bekerja atau belajar, sedang asyik-asyiknya belajar tiba-tiba kamu dialihkan oleh bunyi sms masuk atau rasa penasaran dengan timeline facebookmu. Pernahkah kamu merasa bahwa kamu tidak pernah berhasil konsentrasi secara penuh? Jika ya, cobalah mulai membaca buku sebelum tidur karena hal itu dapat memaksamu memproses informasi tanpa gangguan monitor laptop dan smartphone. Hal itu dapat membantumu melatih daya konsentrasimu jika dilakukan terus menerus.
Orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih konsentrasi dan fokus. Karena fokus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Ini juga mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan yang sering diabaikan oleh Anda.
4.    Menjadi lebih kreatif
Tahukah kamu bahwa para eksekutif tidak membaca buku ketika mereka sedang dalam perjalanan bisnis mereka, melainkan ketika mereka akan pergi tidur. Kenapa? Mungkin karena mereka tahu bahwa ada penelitian yang mengungkapkan bahwa seseorang yang suka membaca buku sebelum tidur akan menjadi lebih kreatif dan lebih bersemangat terhadap apa yang mereka kerjakan.
Bayangkan saja seperti kamu melihat dunia dengan sudut pandang yang berbeda, dan hal itu bisa melatih otakmu bagaimana cara mengatasi masalah dengan berbagai sudut pandang. Ingat, bukan hanya tubuh yang perlu dilatih, otak pun demikian.
5.    Menjadi lebih empati terhadap orang lain
Apa yang dapat membuatmu merasa empati terhadap orang lain? Tak lain dan tak bukan adalah kemampuan untuk melihat dunia dari sudut pandang orang lain dan darimana mereka berasal. Membaca buku fiksi adalah salah satu cara untuk mengerti apa yang orang lain pikirkan dan lakukan. Psikolog York University, Raymond Mar, mendukung pernyataan ini dengan mengungkapkan bahwa
“Cerita narasi menawarkan kesempatan unik untuk mendukung kemampuan ini. Karena kita dapat mengidentifikasi keinginan dan frustasi dari suatu karakter, menebak motivasi tersembunyi mereka dan mengikuti pertemuan mereka dengan teman, musuh, tetangga, bahkan kekasih.” – Raymond Mar
Faktanya Membaca dapat membantu menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna. Ini sangatlah diperlukan khususnya mereka yang sering berkutat dengan pekerjaan maka ada baiknya mulai membiasakan diri melakukan kebiasaan baik ini. 

Spread the love

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.