(foto : advancescardioservices)

Rata-rata setiap orang menghabiskan waktu kurang lebih delapan jam untuk tidur, namun hal tersebut juga tergantung pada usia masing-masing. Orang dewasa biasanya tidur pada pukul 10 malam dan bangun pada pukul 04.30 atau pukul 05.00.

Sebenarnya tidur enam jam saja sudah cukup untuk mengembalikan energi yang telah terkuras selama beraktivitas. Namun ada juga yang mengatakan bahwa tidur kurang dari 8 jam akan memperbesar risiko kanker, sedangkan jika tidur lebih dari 8 jam akan membuat seseorang meninggal lebih cepat.

Di luar dari banyaknya pendapat mengenai jam tidur, tidur merupakan kebutuhan manusia dimana saat tertidur, tubuh akan mengisi ulang energi untuk beraktivitas kembali di esok hari. Pada saat tidur pula organ-organ tertentu dalam tubuh akan bekerja.

Meski tidur memberikan efek positif pada tubuh, ternyata tidur bisa membawa kita pula pada kematian. Bagaimana bisa demikian?

Tubuh manusia berada pada titik yang sangat lemah pada jam 03.00-04.00 pagi. Hal ini sangatlah berbahaya jika kita tidak tidur semalaman kemudian baru tertidur di jam tersebut, belum lagi jika kita telah beraktivitas berat di siang harinya.

Percaya atau tidak, banyak sumber yang telah membuktikan bahwa banyak orang meninggal saat tidur di jam-jam tersebut.

Mulai sekarang, cobalah untuk mengatur pola tidur Anda sebaik mungkin. Atur juga aktivitas fisik Anda agar tidak terlalu lelah dan imbangi dengan istirahat siang yang cukup.

Spread the love

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.