Tugas Marketing LapanganTugas Marketing Lapangan yaitu untuk mencari target konsumen, rekap data penjualan, berikan pelayanan, cari mitra kerja dan menyusun strategi pemasaran. Marketing lapangan menjadi pihak yang berhubungan langsung dengan konsumen, sehingga peranannya sangatlah penting.

Marketing memang menjadi ujung tombak pendapatan suatu perusahaan. Apabila para marketing atau sales bekerja dengan baik dan mampu menjual produk atau jasa dalam jumlah yang banyak, maka akan berdampak pada kemajuan perusahaan. Setidaknya ada beberapa Tugas Marketing Lapangan yang penting untuk diketahui.

Tugas Marketing Lapangan yang Perlu Diketahui

1. Aktif Mencari Konsumen Baru

Tugas Marketing Lapangan

Marketing Lapangan Adalah pihak yang bekerja di suatu perusahaan untuk menjual produk atau jasa secara langsung ke konsumen. Seorang marketing harus memahami produk atau jasa yang dijual, sehingga bisa menjelaskan dengan mudah kepada calon konsumen

Marketing lapangan harus aktif untuk terus mencari konsumen baru, sehingga perusahaan bisa terus produksi dan beraktivitas. Apabila kinerja marketing lapangan jelek, maka perusahaan akan mengalami penurunan secara pendapatan dan hal ini akan pengaruh terhadap eksistensi perusahaan.

Untuk mencari konsumen baru, saat ini seorang marketing lapangan tidak perlu lagi khawatir & merasa kesulitan. Sebab di masa kini sudah banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari konsumen baru, baik itu cara konvensional ataupun dengan cara terkini yang memanfaatkan internet atau yang saat ini sering diistilahkan sebagai digital marketing.

Meskipun tidak mengerti secara teknis mengenai digital marketing, seorang marketing lapangan bisa tetap fokus pada tugas nya dengan memanfaatkan jasa konsultansi atau agensi digital marketing terpercaya & yang sudah terbukti seperti YC Media yang telah banyak membantu mensukseskan penjualan ribuan tenaga marketing di Indonesia.

2. Rekap Data Hasil Penjualan

Tugas Marketing Lapangan

Tugas Sales Lapangan juga tidak hanya mencari konsumen secara langsung, namun harus juga menyusun data penjualan dengan baik. Pastikan semua data hasil penjualan di buat secara detail dan terperinci, sehingga perusahaan bisa memiliki database konsumen.

Data hasil penjualan bisa terdiri dari nama lengkap, alamat, jenis kelamin, jenis produk atau jasa yang dibeli dan berbagai informasi lainnya. Marketing lapangan harus bisa bekerja sama dengan karyawan lain, sehingga alur data bisa berjalan dengan benar.

3. Memberikan Pelayanan Terhadap Konsumen

Tugas Marketing Lapangan

Cara Kerja Marketing Lapangan memang harus fleksibel dalam hal penawaran dan pelayanan. Marketing harus bisa menjelaskan mengenai keunggulan produk atau jasa kepada konsumen, agar konsumen percaya dengan produknya dan akan membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Seorang marketing harus bisa memberikan layanan yang ramah, namun tetap bisa bersikap profesional. Jangan biarkan konsumen merasa kecewa dengan pelayanan, karena akan berdampak buruk pada citra produk atau jasa dan akan membuat penjualan menurun.

4. Cari Mitra Kerja yang Menguntungkan

Tugas Marketing Lapangan

Peran Sales Lapangan yang berikutnya adalah mencari mitra kerja yang bisa menguntungkan, sehingga penjualan bisa mengalami peningkatan yang signifikan. Marketing harus mencari mitra kerja yang terpercaya dan meminta persetujuan dari atasan untuk melakukan kerjasama dengan mitra kerja.

Mitra kerja marketing lapangan biasanya berasal dari kalangan jasa pengiriman, lembaga keuangan, jasa pengamanan dan sebagainya. Bagi hasil keuntungan harus diperhitungkan dengan baik, agar perusahaan bisa untung. Apabila marketing memilih mitra kerja yang merugikan, tentu akan mendapatkan teguran dari atasan.

5. Menyusun Strategi Pemasaran Lanjutan

Tugas Marketing Lapangan

Kerja Marketing Lapangan yang harus dijalankan adalah menyusun strategi pemasaran lanjutan dan strategi bisa dijalankan, apabila strategi anjuran dari perusahaan tidak bisa memenuhi target penjualan. Marketing juga bisa memodifikasi strategi standar yang dianjurkan oleh pihak perusahaan.

Dengan memiliki strategi pemasaran lanjutan, maka seorang marketing bisa mendapatkan penjualan dalam jumlah banyak. Strategi penjualan harus dibuat dengan jelas dan harus dijelaskan kepada atasan dengan rinci, agar strateginya diperbolehkan untuk dijalankan.

Untuk menjadi seorang marketing lapangan yang handal, tentu dibutuhkan jam terbang yang panjang dan diperlukan keberanian yang tinggi. Marketing juga harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi, agar bisa menjual produk atau jasa dengan mudah ke konsumen.

Sekian bahasan lengkap mengenai Tugas Marketing Lapangan dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Spread the love

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.