Apa Itu Marketing Executive | Mencari pekerjaan merupakan kegiatan yang tidak mudah untuk dilakukan, karena jumlah pencari kerja di Indonesia sangatlah tinggi. Perusahaan atau instansi yang membuka lowongan kerja memang sangatlah banyak dan setiap lowongan pasti memiliki kriteria atau persyaratan yang berbeda.

Sebelum anda menentukan karir yang akan di pilih, tentu harus di sesuaikan dengan kemampuan yang banyak di butuhkan. Marketing Executive menjadi pilihan karir yang sangat populer, karena di anggap menjanjikan untuk kesuksesan masa depan.

Apa Itu Marketing Executive?

Apa Itu Marketing Executive

Marketing Executive merupakan seseorang yang memiliki tugas untuk memperkuat nilai dari suatu produk atau perusahaan ke publik, sehingga akan meningkatkan kualitas produk tersebut di pandangan orang lain.

Tidka hanya bertugas untuk menjelaskan mengenai layanan dan jasa, namun Marketing Executive juga bertugas untuk mengawasi berbagai langkah promosi. Pekerjaannya akan di anggap bagus, apabila berhasil membuat produk atau perusahaan di kenal oleh banyak orang.

Tingkat keberhasilan seorang Marketing Executive biasanya akan diukur berdasarkan peningkatan penjualan dan pendapatan yang di peroleh perusahaan. Semakin banyak penghasilan perusahaan, maka tingkat kesuksesan dalam bekerja semakin tinggi.

Keterampilan yang Perlu Dipunyai Marketing Executive

1. Komunikasi Interpersonal

Apa Itu Marketing Executive

Ketika anda menjadi perantara dari sebuah perusahaan dan publik, tentu anda di haruskan untuk berkomunikasi dengan baik. Anda harus bisa menyesuaikan diri dalam berkomunikasi, sehingga berbagai macam klien atau konsumen bisa di layani dengan baik.

Tidak hanya komunikasi verbal secara face to face yang perlu anda kuasai, namun anda juga harus bisa berkomunikasi verbal menggunakan media yang lain. Media yang paling banyak seperti telepon atau menggunakan tulisan secara visual.

2. Public Speaking

Apa Itu Marketing Executive

Pada dasarnya, Public speaking sangatlah berbeda di bandingkan dengan komunikasi secara interpersonal dan keterampilan ini santatlah penting untuk dimiliki. Semakin bagus public speakingnya, maka kesuksesan kerja akan semakin besar.

Seseorang yang memiliki keahlian dalam komunikasi secara interpersonal belum menjadi jaminan memiliki kemampuan Public Speaking yang berkualitas. Untuk menjadi Public Speaking yang handal, tentu anda harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

3. Kemampuan Menulis yang Bagus

Apa Itu Marketing Executive

Marketing Executive juga harus memiliki kemampuan untuk membuat tulisan yang baik dan menarik. Tulisan akan menjadi salah satu senjata dalam mempromosikan jasa dan barang. Semakin bagus tulisannya, maka konsumen akan tertarik dengan jasa atau barang yang di tawarkan.

Penulisan pastinya tidak monoton dan pastinya harus di sesuaikan dengan kebutuhan target pasar. Jika kemampuan penulisan sudah berkelas, maka anda akan bisa membedakan sendiri penulisan sesuai dengan kebutuhan yang di perlukan.

4. Detail Oriented

Apa Itu Marketing Executive

Untuk menjadi seorang Marketing Executive, tentu anda haruslah bekerja dengan teliti. Kecerobohan sangat tidak boleh dilakukan, karena akan membuat kepercayaan publik menurun dan kualitas layanan memburuk.

Marketing Executive pastinya harus melakukan hubungan komunikasi dengan banyak pihak, sehingga ketelitian sangatlah di perlukan. Jangan sampai ada hal rahasia yang terlihat oleh klien dan akan membuat penilaian negatif.

5. Kemampuan Analisis yang Baik

Apa Itu Marketing Executive

Analisa sangatlah penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan. Analisa juga akan di perlukan untuk menentukan target pasar yang cocok dengan produk atau jasa yang di tawarkan, sehingga penawaran bisa tepat sasaran.

Proses analisa juga akan membuat anda mengetahui kebutuhan yang banyak di inginkan pasar, sehingga pengembangan produk atau jasa bisa di jalankan dengan lancar. Tanpa analisa yang baik, maka perusahaan akan sulit dalam pengembangan produk atau jasa.

6. Kreatif dan Inovatif

Apa Itu Marketing Executive

Kreatifitas sangatlah di butuhkan dalam berbagai jenis pekerjaan, karena kreativitas menjadi awal munculnya suatu keterampilan. Marketing Executive haruslah di isi oleh pribadi yang memiliki kreatifitas tinggi dan selalu berfikir inovatif.

Kreativitas akan membuat anda pandai dalam berkomunikasi dan menyusun sebuah tulisan yang berkualitas. Sedangkan untuk membuat strategi pemasaran yang jitu, maka anda perlu inovatif dalam mengembangkan kreatifitas.

7. Persuasif dan Negosiatif

Apa Itu Marketing Executive

Marketing Executive pastinya harus memiliki kemampuan yang persuasif dan memiliki keteramilan negosiasi yang tinggi. Tugasnya tidak hanya memperkenalkan produk ke khalayak luas, namun juga harus mengajak orang lain untuk menggunakan jasa atau produk.

Baca Juga: Tugas Marketing Lapangan yang Perlu Diketahui

Negosiasi yang dilakukan dengan baik, maka akan memunculkan banyak transaksi yang sukses. Dengan negosiasi, maka akan muncul kesepakatan yang saling menguntungkan antara produsen dengan para konsumen.

8. Mampu Bekerjasama

Apa Itu Marketing Executive

Marketing Executive menjadi pekerjaan yang tidak bisa dilakukan sendirian, karena diperlukan kerjasama dan koordinasi dengan divisi kerja yang lainnya. Sistem kerjasama harus bisa berjalan dengan baik dan tepat.

Bekerjasama tidak hanya akan memunculkan kekompakan, namun juga akan membuat kinerja antar divisi berjalan dengan baik. Menjaga pola komunikasi dan melakukan pendelegasian pekerjaan menjadi dua hal yang sangat perlu di perhatikan.

9. Technology Savvy

Jaman sekarang memang sudah masuk dalam era digital, sehingga Marketing Executive haruslah memiliki kemampuan dalam mengelola dan menggunakan Technology Savvy. Apabila anda seorang yang gaptek, maka akan sulit untuk bisa berhasil dalam bidang pekerjaan ini.

Kemampuan menggunakan teknologi sifatnya sangat penting buat anda yang bekerja di perusahaan startup, karena akan banyak teknologi baru yang di pakai. Anda akan di haruskan memakai berbagai tools canggih untuk menunjang pekerjaan.

10. Mampu Kendalikan Stres

Ketika anda memutuskan berperan sebagai marketing, tentu anda akan di kejar deadline atau target yang menumpuk. Tingkat stres sangatlah tinggi saat anda memutuskan menjadi seorang Marketing Executive di sebuah perusahaan atau instansi.

Ketika ada tekanan dari atasan, tentu anda jangan mudah untuk panik dan jangan biarkan tingkat stres membuat kinerja anda melemah. Pastikan anda mampu mengendalikan stres dengan baik, sehingga tetap bisa bekerja dengan efektif.

Itulah bahasan lengkap mengenai Apa Itu marketing Executive dan 10 Keterampilan yang Perlu Di punyai Marketing Executive. Semoga semua bahasan yang di jabarkan bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi terbaik untuk para pembaca.

Spread the love

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.