kerja cerdas

kerja cerdas

Kerja cerdas adalah cara seorang pekerja dapat memanfaatkan teknologi, waktu, dan tenaga secara maksimal. Dengan cara kerja yang cerdas, para pekerja tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk mencapai hasil yang lebih baik dan efisien. Kerja cerdas menurut definisi setiap orang mungkin berbeda-beda, menyesuaikan dengan kepribadiannya. Biasanya, pekerja yang cerdas adalah mereka yang dapat mengalokasikan pekerjaan sesuai dengan bagian dan prioritasnya. Memiliki waktu kerja yang lama juga tidak menjamin kualitas pekerjaan.  Berikut tips tips cara kerja cerdas versi.

Tips Tips Cara Kerja Cerdas

 1. Fokus dengan Tujuan

Fokus pada apa yang ingin anda capai adalah cara agar anda tidak mudah tergoda oleh hal-hal lain. Penting juga untuk memiliki keberanian untuk mengatakan tidak pada pekerjaan yang anda rasa bukan tanggung jawab Anda. Ingatlah bahwa multitasking itu bagus, tetapi itu tidak berarti melakukannya sepanjang waktu itu baik. Tinggalkan tugas yang bukan prioritas dengan menyingkirkan hal-hal yang bukan prioritas dapat meningkatkan fokus pada pekerjaan dan secara langsung memberikan lebih banyak motivasi untuk tampil lebih baik pada tugas-tugas utama.

 2. Buat Pengingat

Cara paling cerdas untuk bekerja adalah dengan menggunakan pengingat. Pengingat yang ditampilkan dengan jelas di depan anda akan membuat tujuan dan hasil anda lebih realistis dan fokus. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menggunakan kalender untuk mengingatkan jadwal anda. Tulis jadwal mingguan atau bulanan dengan tujuan spesifik. Beberapa orang sering melupakan pekerjaan yang harus mereka lakukan, bahkan ketika rencana telah dipersiapkan dengan baik. Tidak ada salahnya menggunakan di kalender sebagai papan pengingat. Tulis setiap minggu atau bulan di kalender dengan tujuan tertentu. anda juga dapat menuliskan garis waktu atau hal-hal yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan anda.

 3.  Isirahat yang Cukup

Bagaimana pun kerja cerdas tidak akan efektif jika anda memiliki kebiasaan tidur yang tidak teratur. Untuk itu, pastikan untuk menetapkan sendiri batasan jam kerja maksimal, kapan waktunya istirahat atau tidur, dan tentukan waktu terbaik untuk bangun dan memulai aktivitas beraktivitas Anda.

Istirahat yang cukup akan membantu fungsi otak jauh lebih optimal dibandingkan jika Anda sering harus bekerja lembur, begadang untuk bekerja. Untuk itu, agar cara kerja cerdas Anda tidak terganggu di tengah jalan karena mengantuk, kelelahan atau begadang, luangkan waktu dan istirahat yang cukup

 4. Jangan Menunda Pekerjaan

Saat diberi tugas, siapa yang sering menunda-nunda mengerjakannya karena ingin makan atau mengantuk ? ini bisa jadi cara halus yang tidak anda sadari menjadi salah satu faktor yang sering menyebabkan Anda menunda pekerjaan. Benar bahwa menyelesaikan pekerjaan membutuhkan semangat dan komitmen, tetapi itu tidak berarti penundaan  dapat dibenarkan.

Maka dari itu, untuk bisa menerapkan kerja keras dan kerja cerdas, Anda harus bisa memprioritaskan saat mengerjakan pekerjaan rumah. Jangan menunda-nunda, apalagi jika Anda sering menghindari tugas yang sulit dan menggantinya dengan tugas yang lebih mudah. Bebas, karena pada akhirnya kita akan selalu menghadapi tugas yang berat untuk diselesaikan.

BACA JUGA ARTIKEL : Ini Rahasia Sukses Membuat Website Company Profile Unik di Dunia Bisnis

 5. Mengasah Kemampuan Berkomunikasi

Sama seperti manusia adalah makhluk sosial, pekerjaan itu membutuhkan keterampilan komunikasi dan kerja sama yang baik. Artinya, kemampuan anda untuk mendengarkan, bertanya, dan mengungkapkan sudut pandang Anda harus diasah agar dapat berkomunikasi dengan lingkungan tanpa hambatan. Keterampilan komunikasi penting bagi pekerja cerdas agar segala sesuatu yang mereka dengar atau lakukan dapat terkomunikasikan dengan benar. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman antar rekan kerja, atau bahkan dengan klien yang akan ditemui.

  6. Mudah Beradaptasi

Ketika Anda menemukan diri Anda dalam situasi yang tidak berjalan sesuai rencana, cepatlah beradaptasi dan cari jalan keluar lain. Terjebak pada suatu masalah dan hanya memikirkan bagaimana rencana seharusnya berjalan hanya akan menghambat prosesnya. Oleh karena itu, cobalah beradaptasi dan fleksibel untuk menghadapi hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana dengan cepat.

Memiliki strategi misi yang ambisius dan mudah beradaptasi dibarengi dengan pola pikir cerdas untuk tiba pada waktu dan solusi hemat energi bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, perlu adanya kebiasaan-kebiasaan yang dapat membentuknya. Dengan lebih banyak latihan, kebiasaan cerdas untuk bekerja keras bisa lebih kuat dan lebih mudah dijalani.

BACA JUGA ARTIKEL : Rahasia Terungkap: Strategi Trading Saham Jangka Pendek yang Mampu Membuat Laba Melonjak!

7. Mengetahui Waktu Produktif anda

Waktu sebenarnya untuk melakukan sesuatu juga berbeda. Ada karyawan yang merasa produktif di pagi hari, ada juga yang mampu bekerja lebih cepat dan fokus di malam hari. Jadi, untuk mengetahui jam berapa yang terbaik untuk Anda di tempat kerja, Anda harus terlebih dahulu memahami diri sendiri.

Karena seringkali jam produktif seseorang dapat mempengaruhi kualitas dan kecepatan kerjanya. Anda yang bekerja 8 jam mungkin tidak menyelesaikan banyak hal sekaligus. Namun, jika Anda bekerja dalam jam kerja produktif, seluruh pekerjaan bisa diselesaikan meski hanya dalam waktu 4 jam.

 

 

Intinya kerja cerdas adalah cara bekerja yang memanfaatkan teknologi dan waktu secara maksimal.  Kini, bekerja cerdas telah mengubah cara pandang karyawan untuk memaksimalkan hasil dengan efisiensi energi. Pekerja cerdas seringkali adalah mereka yang dapat membagi pekerjaan mereka menjadi proporsi dan prioritas. Karena itu, anda perlu bekerja dengan cerdas, karena bekerja dengan cerdas berarti melakukan sesuatu dengan lebih efisien. 

Itulah berikut penjelasan tentang tips tips cara kerja cerdas yang bisa kamu diterapkan didalam perkerjaan anda sebagai cara kerja dalam mengerjakan tugas. Kombinasi keduanya dapat memberikan sejumlah keuntungan maksimal.

 

Subscribe Youtube : https://www.youtube.com/@ycmediaindo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *