Kategori
Inspirasi Keluarga Motivasi

Komunikasi Baik dalam Keluarga Berawal Darimu !

Masih ingatkah kamu ketika kamu di usia kanak-kanak kamu sering menceritakan dan mengeluhkan banyak hal pada orangtuamu. Hanya sekedar ingin makan, terjatuh saat bermain dengan teman-temanmu di sekolah, mainan kesayanganmu rusak dan banyak hal lainnya telah kamu keluhkan. Pada saat itu, keluarga menjadi satu-satunya tempat merasa aman dan nyaman. Rumah menjadi satu-satunya tempat yang membuatmu dapat berekspresi dengan bebasnya.

Berjalannya waktu, dan kamu beranjak dewasa, semua perlahan berubah. Usiamu yang bertambah mengenalkanmu hubungan lain diluar hubungan keluarga. Persahabatanmu, gebetan, pacar, mantan, teman satu les, teman satu ekskul, sampai teman-teman di akun sosial mediamu adalah beberapa hubungan lain di kehidupanmu selain keluarga.
Lalu apakah keluarga masih menjadi tempat yang aman dan nyaman mengeluhkan banyak hal di kehidupanmu ? Coba ingat kembali kapan kamu terakhir menceritakan kesedihanmu karena ditegur guru di sekolah ? atau kapan terakhir kali kamu menceritakan rencana bepergian bersama teman-temanmu ke luar kota ? Rasanya kamu akan menceritakan rencana bepergian itu saat tiba waktunya harus meminta uang kepada orangtuamu untuk pergi, lebih tepatnya saat itu bukan lagi namanya rencana.
Sebagian besar dari kita telah menjadikan komunikasi yang tidak sering di dalam keluarga sebagai hal yang biasa. Padahal dari jaman dahulu sampai sekarang bahkan sampai nanti, hubungan keluarga merupakan cerminan awal dari kesuksesan bersosialisasi di luar sana. Bagaimana bisa kamu bangga di luar sana dengan solidaritasmu berteman alias siap kumpul di manapun dan kapan pun, sementara ketika ibumu membutuhkan bantuanmu, kamu tidak ada disitu. Yang lebih dikhawatirkan lagi waktumu bermain lebih banyak daripada waktumu di rumah bersama keluarga, walau untuk sekedar makan bersama atau menonton tv bersama.
Banyak hal yang bisa dilakukan bersama dengan keluarga. Jangan jadikan diam di rumah adalah alasanmu merasa bosan. Sesekali ajaklah orangtuamu, kakak, dan adikmu untuk menonton bersama ke bioskop, pulangnya kalian bisa makan bersama di luar. Atau jadwalkan olahraga bersama, seperti berlari di sekitar kompleks atau berenang bersama. Jangan menjadikan momen bersama hanya ketika ada anggota keluarga berulang tahun atau saat hari raya keagamaan saja. Ciptakan hubungan harmonis melalui waktu yang lebih banyak dilakukan bersama, sehingga menciptakan komunikasi yang baik di dalam keluarga. Komunikasi yang baik akan menjadi dasar sebuah pengertian yang baik antar anggota keluarga. Sebuah pengertian yang baik akan menciptakan solusi yang baik akan setiap hal yang terjadi di dalam keluarga. 
Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *