Malas

Malas adalah kondisi diri yang tidak bergairah dalam menjalankan sesuatu. Rasa malas adalah penyakit paling mengerikan yang dapat menghambat kesuksesan seseorang. Ibaratkan malas adalah sebuah batu. Ketika Anda berlari untuk mencapai tujuan (impian dan harapan) namun anda tersandung batu (malas) maka akan ada waktu tambahan lagi bagi Anda untuk maju.

Banyak orang berhasil akibat dirinya mampu menolak rasa malas tersebut. Biasanya orang yang sukses selalu cepat bangkit dan keluar dari zona aman yang ia nikmati. Dia tidak pernah berhenti mencoba, berusaha mencari titik kesalahan, selalu semangat ketika menjalankan sesuatu dan sering memotivasi dirinya untuk menjadi lebih baik. 
Malas adalah hal yang wajib untuk diperhatikan. Maka, saya ingin membagi sedikit cara mengatasi rasa malas berikut ini cara mengatasi rasa malas yang bisa Anda terapkan:
  1.   Tanamkan Niat
Niat adalah hal utama yang wajib ditentukan jika memang anda ingin mencapai sebuah kesuksesan. Tidak perlu muluk-muluk dalam menentukan tujuan hidup anda. Contohnya bagi para siswa sekolah, lulus dengan nilai terbaik di sekolah bisa dijadikan tujuan besar dalam hal pendidikan. Yah, walaupun nantinya masih banyak tujuan lainnya yang harus dicapai. Nah, ketika suatu tujuan sudah ditetapkan, niat untuk belajar dan kemudian berusaha semaksimal mungkin dalam mencapai tujuan tersebut, itulah yang disebut usaha. Jika terorganisir dengan baik, hal ini akan menjadi cara menghilangkan rasa malas belajar.
Segala sesuatu dapat terjadi karena didasari dengan, baik perbuatan positif ataupun negatif. Saat hendak menjalankan pekerjaan Anda, niatkan dalam hati bahwa Anda ingin mendapatkan manfaat, dan pikirkan juga ganjaran atau hukuman apa yang akan Anda dapat apabila menunda pekerjaan tersebut.
  2.  Membuat Jadwal Kegiatan
Akibat pola hidup yang tidak teratur dan berantakan rasa malas akan muncul dengan sendirinya. Apabila Anda sering menunda pekerjaan yang mudah maka akan semakin bertambah banyak dan membuat Anda malas untuk menyelesaikan.
Maka, buatlah jadwal kegiatan Anda sedetail mungkin serta lebih rapi dan teratur sehingga kegiatan ada dapat tertata dan terlaksanakan dengan baik. Jangan pernah menunda setiap pekerjaan yang sudah Anda buat.
3. Berikan Motivasi Pada Diri Sendiri
 
Memotivasi diri untuk menjauhi rasa malas sangat bagus bagi Anda. Biasanya rasa malas sering muncul dengan berbagai alasan. Disaat seperti ini Anda tidak bisa mengikuti keinginan buruk tersebut, yakinkan diri bahwa kegiatan yang Anda kerjakan adalah hal yang wajib dan mempunyai manfaat positif terhadap diri Anda. Dengan begitu maka lambat laun rasa malas akan pergi dan Anda akan mengerjakan hal yang tadinya terasa sulit menjadi lebih ikhlas atau sukarela. Teruslah memotivasi diri Anda dengan hal indah apa yang akan didapat dari keberhasilan pekerjaan Anda.
Jika masih belum bisa, minta bantuan orang terdekat untuk memotivasi Anda agar dapat mengusir rasa malas.
4         4. Selalu Menghadiahi Diri Sendiri
Apabila Anda berhasil mengerjakan sesuatu yang telah di jadwalkan tanpa didampingi rasa malas, jangan sungkan untuk memberikan hadiah kecil kepada diri Anda sendiri. Seperti menyelesaikan tugas tepat waktu bahkan lebih cepat dari waktu yang ditargetkan, beri ucapan selamat pada diri Anda dan berikan sesuatu pada diri Anda karena berhasil mengatasi rasa malas tersebut.
Katakan pada diri Anda: “Apabila saya berhasil menyelesaikan pekerjaan ini tepat waktu, saya akan mencicipi makanan favorit berupa ……. di …….. sebagai hadiah untuk diri saya sendiri”.
 
5           5. Kerjakan Hal Yang Sulit Dipagi Hari
 
Pagi hari membuat otak berkonsentrasi tinggi dan tubuh lagi berkobar semangatnya. Biasakan ketika Anda bangun pagi, sarapan, dan mandi, langsung kerjakan hal yang menurut Anda sulit di pagi hari. Jangan ditunda hingga siang hari, apalagi sampai larut malam.
Jika banyak menunda sesuatu tentu akan menumpuk beban pikiran dan pekerjaan, ujung-ujungnya Anda menjadi malas dan yang lebih parahnya lagi, di esok harinya pula Anda bisa lebih malas karena pekerjaan dihari sebelumnya belum terselesaikan. Semakin hari pekerjaan Anda semakin menumpuk dan sulit untuk diselesaikan.
Untuk mendapat semangat pagi boleh dilakukan:
Hiruplah udara pagi. Karena udara pagi yang masih segar membuat tubuh lebih bersemangat sebelum bekerja. Bermeditasi selama beberapa menit di pagi hari, sangat dianjurkan melakukannya sebelum jam 06:30 pagi.
6.             6. Olahraga Rutin
Olahraga sangat penting untuk menjaga stamina kita. Dengan setiap hari Anda rajin berolahraga maka rasa semangat yang tertanam dalam tubuh seakan tak ada habisnya.
Maka dari itu, dalam sehari luangkan sedikit waktu, misalnya di pagi hari untuk berolahraga ringan seperti jogging selama 15 menit dan senam dalam rumah. Jika tidak ingin bosan, bisa mengajak teman Anda untuk berolahraga bersama seperti basket atau dalam seminggu bisa Anda variasikan dengan berenang, ataupun jenis olahraga menyenangkan lainnya.
  
7.               7. Hilangkan Kebiasaan Duduk di Sofa atau Berbaring di Tempat Tidur sebelum Waktu Istirahat
Apabila masih ada beberapa tugas yang harus diselesaikan, maka percepat pengerjaannya. Disamping itu jangan pernah Anda duduk di sofa untuk meluruskan kaki atau berbaring di ranjang, meski alasannya untuk beristirahat sejenak. Karena tanpa Anda sadari, kegiatan tesebut dapat memancing rasa malas yang benar-benar sulit untuk diusir, apalagi jika Anda duduk di sofa sambil nonton TV, tugas Anda yang semestinya selesai hari ini malah terbengkalai akibat Anda sudah lebih dulu beristirahat sebelum waktunya.
Tetapi apabila Anda sudah merasa lelah dan penat dalam bekerja sebelum waktu istirahat ada baiknya Anda melakukan mengubah posisi duduk Anda, rileksasi, melakukan sedikit gerakan olahraga ringan, atau dengan membasuh muka. Sehingga otot  menjadi lebih rileks, wajah dan otak terasa lebih segar sehingga siap untuk melahap pekerjaan yang belum terselesaikan.

 

8.                     8. Makan Cemilan saat Kerja
 Dalam melakukan pekerjaan Anda, dapat ditambahkan aktivitas lain seperti makan cemilan sehat agar lebih menyenangkan. Siapkan beberapa buah pisang ataupun apel di meja kerja Anda, dengan makan buah tersebut pergerakan di mulut akan membuat otak Anda tidak terfokus pada pelajaran saja, jadinya rasa bosan tidak mudah muncul. Dan cemilan yang sehat bisa menambah nutrisi dan menjaga kesehatan Anda dalam melaksanakan pekerjaan Anda yang berat.
9. Mencari Cara yang Lebih Menyenangkan
Malas dapat disebabkan juga karena kita kurang mengerti dalam menyelesaikan pekerjaan yang kita selesaikan. Jika Anda sulit untuk memahaminya cobalah untuk mencari cara lain yang membuat Anda mudah paham. Misalkan dalam hal belajar, jika Anda terbiasa belajar dengan cara menghapalkan isi buku bukan memahaminya, segera rubah sistem belajar Anda. Atau bisa juga Anda melakukan cara lain yang lebih menyenangkan, misalnya mencari alternatif lain dalam belajar seperti mendengarkan materi pelajaran melalui media audio visual (DVD, Laptop atau tape recorder) membuat Anda lebih bersemangat dan mengerti dengan baik.
 
10. Imbangi Dengan Kebiasaan
“Seseorang menjadi bisa karena terbiasa”, pepatah tersebut sangat tepat untuk mewakili faktor keberhasilan seseorang. Jika sering melakukan kegiatan dengan semangat dan niat. Lama kelamaan aktivitas ini akan tertanam kuat didalam hati sehingga menjadi kebiasaan yang sangat sulit ditinggalkan. Walaupun pekerjaannya sulit.
11. Tengok  Teman Anda yang Sukses
Mengamati teman yang sukses karena dirinya giat dan tekun dalam bekerja bisa membuat Anda ikut ulet dalam mengerjakan sesuatu. Jangan ragu juga untuk menanyakan apa saja hal yang memotivasi teman Anda sehingga bisa sukses seperti sekarang.
Kegagalan yang kita alami jangan pernah untuk menikmatinya segera bangkit dan perbaiki diri Anda. Keluar dari zona aman Anda akan membuat Anda jauh dari rasa malas dan mampu menggapai impian Anda
Spread the love

Facebook Comments