Toleransi

Toleransi merupakan sikap untuk menahan diri, sabar, membiarkan orang berpendapat dan berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki pendapat berbeda. Di tengah berkembangya teknologi informasi dan komunikasi, manusia bisa saling berkomunikasi satu sama lain, namun sangat disayangkan hal ini tak diiringi dengan keterbukaan pikiran.

Kita kerap kali masih menemui orang-orang yang bersikap intoleran dan radikal di mana mereka biasa menggunakan teknologi untuk menyalurkan pikiran negatif mereka. Padahal jika setiap orang menyadari arti dari toleransi, hal ini akan membuat dunia menjadi lebih damai.

Sebenarnya apa keuntungan toleransi bagi kita sehingga setiap orang harus mau bertoleransi?

 

(foto : vestnik.mgimo)

Ada beberapa keuntungan dari sikap saling toleransi. Yang pertama adalah membuka banyak peluang dan kesuksesan. Sikap toleransi berarti kita tak memikirkan asal, ras, warna kulit maupun budaya, hal ini akan membuat kita mudah dalam menjalin hubungan baru dan menemukan orang-orang yang memiliki satu tujuan dengan kita. Tak menutup kemungkinan, hal ini juga akan membantu kita mengembangkan bisnis yang dijalani.

Disaat keyakinan bukanlah batasan dalam mengenal dan berkomunikasi, maka saat inilah pemikiran dan ide-ide akan mudah didapat. Inilah keuntungan toleransi yang kedua. Dengan ide dan gagasan baru kita mampu membuat dunia lebih baik, inovatif dan kreatif namun tetap mampu diterima semua orang.

Keuntungan ketiga dari toleransi adalah toleransi dapat menyatukan bangsa. Dunia memiliki banyak warna berbeda namun akan menjadi indah saat bersatu. Saat kita mampu berfikir dan bersinergi seperti warna, maka persatuan dan keutuhan akan semakin kokoh dan sulit untuk dirusak pihak manapun.

(foto : the-faith)

Yang terakhir, toleransi membuat kita lebih menghargai hak asasi manusia. Toleransi akan membuka pikiran kita bahwa perbedaan bukan lagi menjadi sesuatu yang harus dipermasalahkan melainkan menjadi sesuatu yang membuat kita semakin bersatu dan indah. Di sinilah kita akan lebih memahami hak-hak orang lain, karena mereka telah menjadi bagian dari diri kita yang harus dipikirkan bersama.

Masih banyak manfaat dan keuntungan yang kita peroleh dari toleransi, karena itu mulailah untuk saling toleransi dengan sesama dan lingkungan kita terlebih dahulu, kemudian sebarkan rasa tolernsi dan jadikan dunia lebih damai dan bersatu untuk melawan segala bentuk ancaman yang ingin menghancurkan persatuan bangsa maupun dunia.

Spread the love

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *