Hemat Belanja

Tak sedikit orang yang merasa gaji setiap bulan terasa kurang, hal ini karena gaji yang Anda terima jumlahnya tetap namun kebutuhan yang terus bertambah belum lagi harga-harga yang semakin hari ikut melambung.

Memang terkadang kita terlena untuk membeli banyak barang saat berbelanja di awal bulan karena uang yang kita miliki masih terbilang banyak, padahal masih banyak yang harus dibayar tepat waktu yang akibatnya dompet semakin menipis padahal akhir bulan masih sangat jauh.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut, Anda bisa mengakalinya dengan cara berhemat. Berhematlah mulai dari hal-hal kecil saat berbelanja. Agar lebih mudah, Anda bisa mengikuti beberapa tips ini untuk menghemat pengeluaran Anda di awal bulan.

1. Membuat daftar belanja

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan ‘lapar mata’ daftar belanja akan membantu Anda mengatasinya. Cukup dengan menaati apa saja yang ada dalam daftar belanja, dompet Anda bisa selamat sampai akhir bulan.

2. Hindari belanja sendirian

Biasakan berbelanja dengan teman atau pasangan agar Anda mampu ‘mengerem’ keinginan Anda untuk berbelanja. Pertanyaan seperti “benar-benar butuh atau tidak” mampu menahan hasrat Anda untuk berbelanja.

3. Buat pembagian area supermarket

Membuat pembagian berdasarkan area supermarket akan membuat Anda berbelanja dengan lebih efisien. Anda tidak akan tersesat ke area lain yang akhirnya membuat Anda memiliki keinginan untuk berbelanja di luar daftar belanja.

4. Membuat bujet belanja

Sebelum Anda pergi belanja, tentukan batas nominal yang bisa Anda belanjakan. Selalu prioritaskan barang-barang yang ada dalam daftar belanja. Apabila masih ada sisa dari nominal minimal tersebut, Anda bisa menggunakannya untuk membel barang yang Anda inginkan atau menyimpannya.

Semoga bermanfaat!

Spread the love

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *