Anda berusia di bawah 30 tahun? Baru saja lulus kuliah atau mendapatkan pekerjaan baru? Jika ya, Anda mungkin kerap kali berpikir bagaimana dan mau dibawa kemana keuangan Anda saat ini dan rencana untuk masa depan.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan penghasilan Anda saat ini. Namun, ada hal lain yang sebenarnya membuat Anda lebih bijak dalam mengatur keuangan demi saat ini atau untuk mempersiapkan masa depan. Inilah beberapa hal yang harus Anda miliki sebelum usia 30-an.

1. Mempunyai pemasukan rutin dan hidup mandiri

(foto : telegraph)

Saat berusia 20-an, Anda telah menyelesaikan masa studi dan mendapatkan pekerjaan baru. Di sini sudah seharusnya Anda tak lagi tergantung pada orang tua. Mulailah untuk membiayai diri sendiri bahkan jika perlu, Anda dapat juga membantu keuangan orang tua.

Masa-masa ini sangat penting untuk mempelajari pengaturan keuangan, membentuk kebiasaan dan pola pikir keuangan yang membuat Anda lebih bijak lagi dalam mengatur pengeluaran.

2. Memiliki asuransi kesehatan

(foto : 1st-medical-insurance-quotes)

Setiap manusia tentu saja tak dapat terhindar dari risiko sakit. Saat Anda telah memiliki penghasilan sendiri, biaya pengobatan saat Anda sakit tentu saja menjadi tanggung jawab sendiri. Maka dari itu, memiliki asuransi kesehatan adalah hal yang perlu diprioritaskan. Lebih baik lagi jika tempat Anda bekerja memiliki fasilitas asuransi kesehatan.

3. Memiliki investasi untuk dana pensiun

(foto : jagoinvestor)

Pensiun mungkin masih jauh dari usia Anda. Namun Anda harus ingat, saat pensiun Anda tak lagi memiliki penghasilan aktif, usia tak lagi produktif dan tak lagi dapat bergantung pada orang lain. Maka dari itu, semakin dini Anda berinvestasi untuk pensiun nanti, akan semakin kecil jumlah yang Anda sisihkan.

4. Traveling, menikah dan tujuan lainnya

(foto : yourtango)

Selagi masih muda, milikilah tujuan lain dan bermimpilah setinggi mungkin. Tentukan nilai yang akan dicapai, tentukan jangka waktunya dan mulai menabung atau berinvestasi untuk mewujudkannya.

Waktu berlalu dengan cepat dan kehidupan terus berputar. Jika Anda tak bijak dalam mengelola keuangan, bisa dibayangkan bagaimana sulitnya kehidupan setelah melewati usia produktif Anda nanti. Selagi masih muda tentukanlah apa yang perlu Anda jadikan prioritas disertai pengelolaan keuangan untuk masa kini dan masa depan.

Spread the love

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *