Dear Good Readers,
Sering kali kita sangat terlena saat tanggal gajian tiba, daftar barang yang ingin dibeli sudah mengantri untuk kita wujudkan, sementara itu banyak juga tagihan yang harus dibayar tepat waktu. Sehingga yang sering terjadi baru mendapat gaji, langsung saja habis untuk membayar tagihan ini dan itu. Akhirnya baru saja pertengahan bulan kita sudah harus menggunakan lagi kartu kredit atau pinjaman. Nah, berikut tips & trik untuk kamu agar bisa mengatur keuangan menjadi lebih baik.

1. Buatlah Anggaran Belanja
Kamu bisa membuat anggaran belanja yang baik dengan menganalisa pengeluaran dari 3 bulan terakhir, dari sini kamu bisa lihat apa saja pengeluaran kamu yang rutin dan berapa jumlahnya. Dari hasil analisa ini, buatlah anggaran belanja yang realistis dengan memperhatkan besarnya penghasilanmu. Kamu bisa revisi anggaran belanja ini setiap bulan dengan mengevaluasi realisasi nya bulan demi bulan.

2. Pertimbangkan untuk Menggunakan Dua Rekening
Ini membantu kamu untuk mengelola keuangan kamu jauh lebih baik. Gunakan satu rekening untuk transaksi sehari-hari dan satu rekening lainnya untuk menabung. Buka rekening di bank yang memberikan biaya administrasi rendah serta sedikit jaringan ATM nya untuk rekening yang akan digunakan menabung. Dengan seperti ini, uang yang sudah dialokasikan untuk menabung akan lebih aman dari keinginan-keinginan liarmu.

3. Segera Lunasi Hutang
Agar lebih mudah dalam mengelola keuangan, segera lunasi hutang. Jika memang tidak bisa melunasi secara langsung, buatlah perhitungan konstan untuk menyicil hutang tersebut secara efektif sehingga kamu sudah bisa memperhitungan berapa sebenarnya gajimu yang tersisa setelah membayar cicilan hutang tersebut setiap bulan nya.

4. Lakukan Pencatatan
Buatlah pencatatan untuk setiap pengeluaran dan pemasukanmu. Kapan, untuk apa, dan berapa jumlahnya. Ini juga bisa kamu gunakan untuk bahan analisa pembuatan anggaran belanjamu ke depan di mana kamu juga bisa menganalisa ke mana sering terjadi kebocoran keuanganmu. Tekunlah dalam melakukan nya.

5. Bandingkan Anggaran dan Catatan
Setelah membuat anggaran dan melakukan pencatatan. Selanjutnya bandingkan, apakah anggaran kamu sudah sesuai dengan realisasinya sesuai catatan. Jika belum, maka kamu perlu melakukan revisi baik di sisi anggaran atau pengeluaran yang mana harus direm.

Lakukan 5 tips di atas dengan tekun, jika kamu berhasil mengaplikasikan nya kemungkinan besar bulan depan kamu sudah bisa mulai menabung dan memproyeksikan masa depanmu lebih baik.

Spread the love

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *