Scrub merupakan salah satu produk atau prosedur kecantikan untuk mengangkat lapisan sel kulit mati. Banyak produk scrub yang dijajakan di pasaran. Tapi, tahukah Anda bahwa scrub juga dapat kita buat sendiri di rumah dengan bahan alami yang mudah dan murah?

Berikut ini beberapa bahan yang dapat dijadikan scrub, tak perlu mahal dan tentu saja bahan yang digunakan mudah didapat.

1. Garam

(foto : thetable.homechef)

Jika garam biasanya ditemukan di dapur sebagai penyedap, maka kali ini garam dapat dijadikan scrub untuk membuat kulit halus, bebas jerawat dan terlihat cerah.

Caranya sangatlah mudah, yakni dengan mencampur garam dengan baby oil atau minyak zaitu kemudian oleskan dan gosok perlahan pada wajah. Biarkan beberapa saat hingga meresap kemudian bilas dengan air hangat.

2. Minyak zaitun

(foto : tsmc)

Jika minyak zaitun digunakan untuk memasak, kali ini minyak zaitun dapat digunakan untuk scrub wajah. Scrub minyak zaitun ini menjadi sangat cocok bagi Anda pemilik kulit kering.

Caranya cukup mudah yankni dengan mencampurkan minyak zaitun dengan gula. Kemudian oleskan dan pijat perlahan campuran tersebut pada wajah. Biarkan beberapa saat kemudian bilas.

3. Kopi

(foto : aliexpress)

Kopi memang nikmat jika disajikan saat tengah bersantai. Kandungan kafein dalam kopi dapat membuat mata terjaga. Bukan hanya itu, kopi juga terbukti dapat membuat kulit menjadi halus.

Kopi dapat dijadikan scrub wajah dengan cara mencampurkan kopi dengan sedikit gula, beri sedikit air hingga mnejadi pasta. Oleskan pada wajah dan diamkan beberapa saat. Kemudian bilas dengan air dingin.

4. Buah Strawberry

(foto : weknowyourdreams)

Buah berwarna merah ini memang nikmat dinikmati saat cuaca terik, namun buah mungil ini juga memiliki khasiat untuk kecantikan. Kandungan vitamin C mampu menyegarkan kulit dan memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar matahari.

Cara untuk membuat scrub strawberry cukup mudah, yakni dengan memblender strawberry hingga halus. Kemudian campurkan dengan madu dan oleskan pada wajah. Tunggu hingga kering, kemudian bilas.

Itulah beberapa scrub yang dapat mengangkat sel kulit mati dan menutrisi kulit lewat bahan-bahan yang mudah didapat. Sekedar tips, gunakanlah scrub 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal. Selamat mencoba!

Spread the love

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *