bisnis

Ingin berwirausaha namun masih bingung dengan usaha yang akan dilakukan. Sudah punya ide namun bingung dengan modal. Banyak kendala yang dihadapi untuk membuka usaha. Berikut beberapa ide bisnis yang bisa dicoba tanpa memikirkan ide dan modal yang besar.

 Bisnis Membuka Les Private/ Kursus
Menjual keahlian dengan cara mengajari orang lain keahlian kita tersebut bisa menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Bila kita memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, misalnya; keahlian bermain gitar, keahlian membuat website, desain, bahasa Inggris, komputer, dan lain-lain, kita bisa memberikan les private atau kursus di rumah atau bisa juga dilakukan di tempat lain tergantung kondisi yang ada.
Belajar sangat diperlukan, jadi bisnis ini akan selalu dicari dan kita sendiri juga dapat memperoleh manfaatnya yaitu bisa terus mengasah otak kita dalam setiap memberi pelajaran.
Bisnis Dengan Membuat Toko Online (Online Shop)
Memiliki sebuah toko online saat ini sudah sangat mudah. Bisnis online shop bisa dijalankan oleh orang yang memiliki toko offline dan ingin meningkatkan penjualan dengan cara menjual secara online. Dan bisnis ini juga bisa dikerjakan oleh orang yang tidak memiliki produk, yaitu dengan cara bergabung dengan supplier atau produsen yang menawarkan sistem dropship atau reseller.
Untuk memulai bisnis online shop tentunya Anda harus punya toko online. Sebenarnya tidak sulit untuk membuat toko online, tutorialnya bisa kita dapatkan di internet. Setelah lanjutnya adalah mencari produsen produk atau mitra kerjasama yang memberikan layanan reseller atau dropship. Setelah diterima menjadi mitra, kita bisa mulai memposting produk di toko online dan mempromosikan toko online tersebut.
 Bisnis Membuka Jasa Laundry
Bisnis laundry akan sangat laris bila berlokasi di dekat kampus, kost-kostan. Kalau kita perhatikan bisnis laundry ini semakin banyak dan semakin bermacam-macam layanannya, bahkan ada yang menawarkan untuk menjemput pakaian yang akan di-laundry. Bila Anda merasa bisnis ini cocok dengan Anda maka sebaiknya Anda segera melakukannya karena bisnis ini akan selalu dicari oleh banyak orang.
 Bisnis Jasa Desain, Editing Foto, dan Percetakan
Peluang usaha yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang punya keterampilan dan kreativitas dalam mengolah gambar dan desain. Tentunya kita harus memiliki kemampuan dalam menggunakan salah satu software editing foto, seperti: CorelDraw, Photoshop, dan software lainnya.
Untuk membuka sebuah usaha di bidang jasa design, percetakan digital atau digital printing, Anda tidak harus punya modal yang besar. Bahkan Anda bisa mulai berbisnis tanpa modal materiil dengan cara menjual jasa tersebut memanfaatkan layanan internet dan teknologi yang maju. Penghasilan yang didapat juga lumayan.
Membuka Jasa Menjahit
Banyak orang yang ingin menjahitkan pakaiannya dengan model dan ukuran tertentu, terutama mereka yang memiliki tubuh yang agak gemuk atau terlalu kurus. Oleh karena itu, mereka ini pasti selalu mencari jasa penjahit pakaian yang bisa membuat pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh mereka. Bisnis ini sangat cocok untuk orang yang memiliki minat pada dunia fashion, tentunya Anda harus memiliki kemampuan dalam menjahit dan mendesain pakaian.
Selain untuk membuat pakaian baru, jasa menjahit sering juga dibutuhkan oleh mereka yang ingin mengecilkan pakaian yang terlalu besar, atau sekedar memasang atribut tertentu di pakaian mereka. Seperti kita ketahui, banyak sekali orang membeli pakaian (baju/ celana) yang modelnya sedang hits, namun saat akan dibeli ternyata ukurannya terlalu besar. Nah, untuk mengecilkan pakaian tersebut, si customer tentu akan mencari jasa penjahit yang bisa mengecilkan pakaian tersebut
Penerjemahan
Anda menguasai suatu bahasa asing? Manfaatkan keahlian tersebut dengan menawarkan jasa penerjemahan. Memang penerjemah terbagi menjadi dua golongan, yaitu penerjemah profesional dan penerjemah pemula. Tetapi semua profesional bermula dari pemula juga, bukan? Penerjemah profesional biasanya bekerja di bawah sumpah dan relatif mahal tarifnya. Bagi pemula, sebaiknya anda mulai saja dengan menerjemahkan dokumen-dokumen seperti artikel, skripsi, makalah, dan lain sebagainya.
Bisnis ini memberikan hasil yang cukup berarti. Sebagai contoh, Anda memberlakukan tarif penerjemahan sebesar Rp50/kata. Jika dalam satu halaman ada 500 kata, maka Anda sudah berhasil mengantongi sebanyak Rp25 ribu. Kemudian, apabila Anda bisa menyelesaikan 10 halaman dalam satu hari, maka keuntungan Anda dalam sehari adalah sebesar Rp250 ribu. Menarik, bukan?
Modalnya, yang juga relatif mudah dan murah, antara lain adalah laptop dan koneksi internet. Jika hasil fisik memang dibutuhkan, maka mesin cetak atau printer termasuk ke dalam modal yang diperlukan. Internet adalah modal pokok yang perlu ada dan bisa digunakan untuk melakukan riset yang diperlukan dalam proses penerjemahan, seperti mencari definisi suatu kata dan lain sebagainya. Lokasi kerjanya pun fleksibel. Bisa di kantor, di cafe, di rumah, atau di mana pun.
Spread the love

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *