Banyak barang bekas yang tidak terpakai lagi. Kamu mungkin pernah merasakan betapa sayangnya membuang barang bekas, walaupun barang tersebut sudah tidak kamu gunakan lagi. Akhirnya dikumpulkan untuk dijual. Ide yang bagus!!!!
Namun akan lebih baik dijadikan sesuatu yang yang lebih kreatif untuk meningkatkan harga ekonominya. Berikut cara-cara kreatif membuat barang bekas menjadi bernilai.
1.      Lampu gantung dari botol bir bekas

 

 
 Ternyata tidak hanya botol plastik yang berguna, botol kaca atau botol bir juga bermanfaat. Selain bernilai ekonomis juga bisa mempercantik dekorasi rumah. Lampu gantung seperti ini cocok digunakan sebagai dekorasi ruangan dengan tema vintage atau jadul.
2.    Lampu keren dari topi bekas
Ternyata topi di tangan orang yang kreatif ternyata juga bisa menjadi sebuah dekorasi ruangan. Selain botol, topi bekas juga bisa diberdayakan untuk dijadikan lampu gantung yang keren.
3.      Sapu dari bahan daur ulang
Banyak botol plastik bekas minuman yang tebuang. Ternyata botol tersebut bisa dijadikan sapu. Sediakan 3 botol minuman bekas ukuran 1 liter. Ambil 1 buah botol tersebut lalu buang bagian alas tutup botol dengan pisau cutter. Gunting bagian badan botol secara memanjang dan kecil-kecil ( bagian ini akan menjadi bagian sapu yang menyentuh lantai). Ambil botol yang belum dipotong lalu potong buang bagian atas kepala botol dan buang bagian dasar botol, lalu kemudian potong secara memanjang dan kecil-kecil bagian badan botol. Satukan botol ini dengan botol yang telah kamu gunting sebelumnya. Gunting satu lagi tutup botol lalu gunakan sebagai penguat bagian atas sapu ijuk. Lalu satukan ketiga botol tersebut dengan sebuah tongkat. Selesai!
4.    Tempat lilin dari tutup botol bekas
Siapa sangka kalau tutup botol minuman yang kita anggap sepele dan selalu kita buang sesudah minuman bisa didaur ulang menjadi hal yang berguna? Wadah lilin ini bisa digunakan berkali-kali. Dan kalau kamu sering beli minuman dengan botol bertutup, kamu bisa punya banyak lilin. Hal ini juga bisa membantu kamu untuk hidup hemat. 
5.    Kaset Bekas

 

Orang tua dulu dan generasi 80an sampai 90an memiliki koleksi kaset yang banyak, namun kaset tersebut sudah tidak dipakai. Ternyata kaset-kaset tersebut bisa dibuat menjadi dompet. Kerenkan? 
6.    Jam dinding dengan roda sepeda bekas
Ternyata roda sepeda bekas yang sering  dibuang dapat membuat kagum tamu rumah kamu dengan jam dinding super kreatif ini. Rumah jadi terlihat lebih indah.
7.    Akuarium dari TV bekas
Akuarium sering menjadi aset rumah yang mewah. Namun siapa sangka dengan TV bekasmu dapat membuat akuarium dirumahmu menjadi terlihat antik dan bernilai mahal. 
8.    Kerajinan Tas dari tutup botol kalengan
          Tas daur ulang yang satu ini agak rumit dan akan cukup memakan waktu untuk dibuat. Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian yang tinggi untuk membuat tas serumit ini. Akan tetapi hasilnya sangat indah dengan nilai kreatifitas yang tinggi. Tas seperti ini sangat langka dan unik, mungkin jumlahnya hanya ada beberapa di dunia.

 

9.    Kaca gantung dari pemukul tenis bekas
Ternyata selain kayu atau bingkai biasa, raket bisa dibuat menjadi bingkai kaca untuk digantung di dinding. Lumayan raketnya juga bisa sekaligus digunakan untuk menghias dinding.
10.  Rak buku dari tangga bekas
Ternyata tangga bekas bisa juga digunakan sebagai rak buku. 
 So, manfaatkan barang bekas yang ada disekitar kalian dengan ide luar biasa kalian!
Spread the love

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *