Kategori
Good News

5 Klub Sepak Bola Indonesia Terkaya di Era Pandemi 2021

Klub Sepak Bola Indonesia Terkaya | Pandemi covid 19 memang memberikan dampak yang sangat buruk buat dunia persepak bolaan Indonesia, karena menghentikan aktivitas sepakbola selama setahun lebih. Banyak sekali pelaku sepakbola yang kewalahan masalah ekonomi, sehingga menimbulkan berbagai perubahan yang signifikan.

Pandemi tidak hanya berdampak buat pemain, namun juga berdampak buat klub. Banyak sekali klub sepakbola yang bangkrut, bahkan sampai tunggak gaji pemain. Namun masih ada beberapa klub yang masih konsisten dan bertahan secara perekonomian.

Klub Sepak Bola Indonesia Terkaya 2021

1. Persija Jakarta

Persija adalah salah satu klub besar yang bermarkas di Ibukota, sehingga stabilitas keuangan klub ini selalu menjadi sorotan. Persija menjadi salah satu klub yang memiliki kekuatan finansial yang bagus, karena berhasil pertahankan banyak pemain bintangnya di era pandemi.

Marco Motta adalah salah satu pemain kelas dunia yang berhasil di rekrut persija yang tentunya memiliki nilai gaji yang tinggi. Persija juga memiliki basis suporter yang sangat besar yang dikenal dengan sebutan Jak Mania.

2. Persib Bandung

Persib Bandung adalah klub Indonesia yang sudah eksis sejak lama dan menjadi salah satu klub besar di Indonesia. Persib Bandung pertama kali didirikan pada tanggal 14 maret 1933 dan persib bandung bermain di liga 1 Indonesia. Persib Bandung sering disebut sebagai Maung Bandung atau pangeran biru.

Persib Bandung dihuni oleh banyak pemain berkualitas yang tentunya memiliki nilai gaji yang tinggi. Meskipun pengeluaran persib sangat besar, namun persib mampu bertahan dan masuk dalam jajaran klub terkaya di Indonesia.

3. PSG Pati

Putra Safin Grup atau PSG Pati adalah salah satu klub sepakbola Indonesia yang membuat geger di era pandemi, karena PSG berhasil memiliki fasilitas olahraga yang bagus dan mampu mendatangkan banyak pemain berkualitas.

PSG pati membuat persaingan di Liga 2 menjadi lebih sengit. Kini, PSG dilatih oleh pelatih berpengalaman yaitu Ibnu Grahan. Meskipun banyak mendatangkan pemain berkelas, namun PSG pati tetap memperhatikan pengembangan usia muda.

Baca Juga: 6 Pemain Real Madrid Termahal yang Dibeli dari Klub Asal Brazil

4. Dewa United FC

Dewa United FC adalah klub baru di Indonesia yang mengakuisisi Martapura FC di Liga 2 dan klub ini didirikan oleh Rendra Soedjono dan Kevin Hardiman. Dewa united fc bermarkas di stadion Indomilk Arena di Tangerang. Banyak pemain top yang berhasil didatangkan oleh dewa united fc, sehingga membuat liga 2 lebih semarak dan menarik.

Herman Dzumafo adalah striker top di Indonesia yang berhasil di rekrut dan akan menjadi ujung tombak berbahaya di liga 2. Tak hanya itu, dewa united fc juga berhasil merekrut kiper ternama Shahar Ginanjar dari Persija Jakarta.

5. RANS Cilegon FC

RANS Cilegon FC adalah klub yang paling fenomenal belakangan ini, karena tim ini berhasil menjadi sorotan banyak kalangan di Indonesia. Rans Cilegon merupakan klub yang dihasilkan dari akuisisi Cilegon United yang bermain di liga 2.

Raffi Ahmad dan Rudy Salim menjadi 2 orang yang berperan besar dalam menghadirkan RANS Cilegon FC. Hamka Hamzah adalah mantan pemain timnas Indonesia yang juga menjadi manager dan Rans Cilegon FC juga dilatih oleh pelatih ternama Bambang Nurdiansyah.

Rans Cilegon FC berubah menjadi salah satu klub terkaya di Indonesia dan menjadi calon kandidat juara di liga 2. Cristian Gonzales menjadi striker tajam yang berhasil di rekrut. Rans juga menjadikan Syamsir Alam sebagai Marquee Player.

Itulah bahasan lengkap mengenai klub sepak bola indonesia terkaya 2021 dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat untuk para pembacanya.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *